Horee, akhirnya MotoGP hadir lagi di tanah air Indonesia

Kasamago.com – – Mari lupakan sejenak berita gak jelas dan penuh drama opera sabun yang tiada habisnya dibahas oleh media mainstream tanah air, selain membuat mata sepet, pikiran ikut stress, liburan yang diangankan juga terasa ogah mendekat. Akhirnya, kabar indah yang mungkin sangat dinanti masyarakat tanah air segera menemui kenyataan, Impian untuk menjadi salah satu tuan rumah gelaran balap motoGP pasca 1997 silam bukan sekadar mimpi lagi karena telah terjadi kesepakatan antara Dorna Sport (empu nya motoGP) dengan pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Kemenpora, Imam Nahrawi.

Sirkuit Sentul sebagai the one and the only one Sirkuit balap di Indonesia yang berstandar Internasional kembali ditunjuk untuk menghelat balapan motor kasta tertinggi di dunia ini, Setelah penandatanganann letter of Intent (LOI) antara Dorna sport memberikan syarat wajib bagi pihak sirkuit Sentul untuk segera merevitalisasi kembali kondisi Sirkuit Sentul yang sudah sangat ketinggalan kondisinya dari sirkuit negara tetangga.

Indonesia sendiri diberi kesempatan untuk menyelenggaran 3 musim saja, yakni 2017, 2018 dan 2019. Sebenarnya kesepakatan ini sudah termasuk amat sangat terlambat, Indonesia sebagai salah satu basis penggemar balap MotoGP terbesar di dunia seharusnya mendapat profit dan impact secara ekonomi dengan menjadi salah satu penyelenggara. Selama ini Sepang dan Sirkuit F1 Singapura lah yang menikmati manisnya imbas ekonomi dari penyelenggaraan balap paling bergengsi di dunia ini, ribuan penonton plus harga tiket yang terbilang tinggi adalah faktor penting bagi tuan rumah penyelenggara.

Berdasarkan master plan, Sirkuit Sentul akan di pugar total baik bangunan maupun aspal lintasannya serta ada perubahan bentuk dan penambahan panjang lintasan. Harapanya kualitas fisik Sirkuit Sentul paska perombakan total memiliki wajah yang menarik dari sirkuit milik tetangga dan memiliki kekhasan budaya nusantara. Proses perombakan sirkuit sentul sendiri dilakukan langsung oleh artistek sirkuit terkenal yakni Hermann Tilke, direncanakan awal Desember 2015 ini Sirkuit Sentul sudah mulai dibenahi. Selain sirkuit, Hotel juga ditargetkan dibangun di sekitar sirkuit, diharapkan penonton yang tak kebaikan duduk di tribune dapat menyaksikan balapan melalui jendela kamar hotel.

Last,  bila pegelaran motoGP disirkuti sentul sukses, di iringi dengan adanya keterwakilan rider berbakat tanah air yang berlaga baik di kelas moto2 atau moto3, kelak Sirkuit Sentul akan menjadi ikon kebanggaan baru Indonesia, melintasi batas dunia otomotif itu sendiri. Belum lagi efek ekonomi yang dapat digali dari jumlah penonton, penjuan aksesoris, iklan serta penginapan. Fantastis, meski terlambat paling tidak impian lama ini akhirnya dapat diwujudkan dalam waktu dekat.

Welcome back Sentul 2017 ! Semoga Valentino Rossi belum mempensiunkan diri.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *