Review Buku : Salah Kaprah Memilih Asuransi

Kasamago.com – – Buku ini hadir tepat ketika bisnis persaingan Asuransi Jiwa plus Unit Link mencapai titik panasnya, Berbagai Perusahaan Asuransi terutama swasta nasional maupun Internasional berlomba-lomba merekrut nasabah seluas luasnya. Jaringan Agensi Freelance turut menghangatkan kompetisi ini, mereka dapat hadir dimana saja kapan saja, bersaing satu sama lain mendapatkan nasabah.

Memiliki Judul lengkap, Salah Kaprah Memilih Asuransi – Kesalahan Memilih Asuransi Unitlink di Usia Produktif, terbit pada 2013 lalu dan Saya membelinya pada pertengahan 2014 lalu, kemudian baru di Review pada penghujung Tahun 2015. Buku ini sukses memancing hasrat Saya untuk membelinya, dengan judul provokatif plus kover bergambar langkah kaki yang hendak menginjak kulit pisang menyiratkan makna yang mendalam seolah ingin mengingatkan segenap pembacanya untuk hati hati terhadap Asuransi.

Selain itu, di tahun 2014 tersebut adalah periode dimana Saya masih berusahan menemukan jalan rejeki di bisnis Agen Asuransi Freelance. Sayang, karena menyisakan setumpuk rasa keraguan dalam bidang Agen Asuransi akhirnya saya memutuskan untuk berhenti total.

Tak ada yang salah atau keliru dalam dunia Asuransi, bahkan di hampir seluruh negara di dunia, Asuransi menjadi hal wajib yang harus dimiliki segenap warga negaranya. Asuransi sangat berjasa untuk melindungi terkurasnya kekayaan pribadi akibat hal-hal diluar harapan yang menyangkut masalah kesehatan, kecelakaan hingga kematian. Sang Penulis seperti disebutkan dalam latar sinopsisnya bukanlah pakar atau agen Asuransi, penulis menguraikan kisahnya dalam buku ini berdasar pengalamannya membeli produk Asuransi. Kehadiran menu baru dalam Industri Asuransi jiwa yakni Unit Link sukses membuat bisnis Asuransi Jiwa menyalak terang.

Asuransi Jiwa Unit Link adalah penyisihan sebagian dana Premi Asuransi untuk di Tabung sesuai periode Pembayaran Premi oleh Nasabah. Dana tersebut oleh Perusahaan Asuransi akan diserahkan pada Manajer Investasi untuk dikelola sehingga memberikan timbal balik yang lebih menguntungkan ketimbang Bunga Tabungan atau Deposito. Kedengarannya jelas sangat menggiurkan masyarakat, selain mendapat Nilai Pertanggungan Asuransi berdasar Jumlah Premi yang disetorkan, Nasabah juga mendapat tambahan Hasil dari Investasi Unit Link.

Namun, Penulis Buku memiliki pandangan dan alasan lain, Penulis melalui Buku ini hendak membeberkan fakta dan realita bahwa Asuransi berbasis Unit Link tak selalu Memberikan Keuntungan. Penulis Hendak mengingatkan masyarakat agar tak terjebak dengan keuntungan manis yang disodorkan unit link dan Menyarankan masyarakat untuk lebih teliti, bijak, dan mempelajari lebih dahulu sebelum memutuskan membeli sebuah produk Asuransi.

Buku Salah Kaprah Memilih Asuransi memuat 13 Bab , Yakni :

  1. Pilihan untuk Ikut Asuransi
  2. Seluk Beluk Asuransi
  3. Asuransi Tradisional dan Non Tradisional
  4. Term Life vs Unit Link
  5. Investasi dalam Unit Link
  6. Investasi di Usia Produktif
  7. Berbagai Jenis Investasi
  8. Sisi Lain Investasi
  9. Pro Kontra Term Life
  10. Skema Asuransi Sesuai Kebutuhan
  11. Q & A Tentang Asuransi dan Investasi
  12. Pakar yang mendukung Term Life
  13. Kasus-kasus Unit Link

Buku yang terdiri dari 143 halaman ini sangat berhasil memuat Bab dalam jumlah cukup banyak namun dengan penyajingan singkat, padat dan mudah dipahami. Mengulas dari A – Z dalam wadah kecil sehingga sangat enak dibaca hingga tuntas dalam waktu satu hari saja atau bahkan dalam hitungan Jam. Menariknya, disetiap judul bab selalu diselipi dengan kalimat kalimat Bijak dari berbagai Tokoh dunia.

Dengan keunggulan yang dimiliki Buku Salah Kaprah Memilih Asuransi maka Saya sangat merekomendasikan Buku ini bagi masyarakat yang hendak memilih produk Asuransi serta Para Agen Asuransi, sehingga baik Agen dan Calon Nasabah terjadi timbal balik yang saling menguntungkan. Sang Nasabah akan memilih pilihan yang tepat sesuai kebutuhan dan Sang Agen mampu memberikan penjelasan dan pelayanan yang dibutuhkan Nasabah.

Comments

comments

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *