3 Aliran Fotografi paling Populer Saat ini

Kasamago.com – – Entah sejak kapan terakhir kali menulis artikel tentang Fotografi.. bidang hobi baru yang saya tekuni dengan tidak serius. Paska berganti Status menjadi seorang Ayah, praktis banyak hobi kian terpangkas..

Remanajerial perlu dilakukan agar seluruh hobi terlaksana namun fakta dan realitanya, Gagal. Menyisakan Dua Hobi saja yang masih cukup agresif dijamah, Film dan Ngeblog.

Bicara Aliran Fotografi, saya sendiri lebih memilih jenis Aliran Toys Photography atau motoin mainan action figure, sayang terbatasnya mainan keren yang layak foto membuat mental saya terasa tershutdown berat. Nah, dari sekian banyak aliran Fotografi, ada 3 aliran fotografi yang begitu populer saat ini khususnya untuk naik tayang di media Instragram alias Instagrams’s hottest items.

Apa saja ke 3 Aliran itu??, Berikut Daftar nya berserta penjelasan Objek, Komposisi dan Tone/Editing nya.

FOLK PHOTOGRAPHY

Folk Photography
Folk Fotografi pic by Zetizen.com

OBJEK, Sebagaimana namanya, kesan folk (rakyat) dalam aliran ini banyak mengacu pada aktivitas manusia yang sarat interaksi dengan alam. Suasana kamping, hangatnya api unggun dan senda gurau orang di sekitarnya, sampai pola etnik macam dreamcatcher sering jadi objek utama Folk Photography.

KOMPOSISI, Banyak Fotografer beraliran folk yang menghadirkan nuansa alam dengan memperlihatkan momen puncak interaksi objek atau model foto dengan alam sekitarnya. Komposisi yang memadukan unsur manusia, keceriaan, dan pemandangan alam yang syahdu banyak dijumpai.

TONE/EDITING, Untuk membangkitkan aura mistis dan tenang, pencahayaan dikurangi. Kontras pun sering diturunkan untuk mendapatkan hasil foto yang smooth sehingga subjek dan alam sekitar terlihat menyatu. Sementara itu, kesan moody bisa dibangkitkan lewat penggunaan shadow yang lebih gelap.

MINIMALISM PHOTOGRAPHY, LESS IS MORE

Minimalism Photography
Minimalism Photography – Pic by photodoto

OBJEK, Punya berbagai turunan genre yang luas, objek foto minimalis sangat beragam. Sudut bangunan, manusia, binatang, hingga tumbuhan bisa menjadi objek yang keren. Benda-benda dengan warna dan pattern sederhana sama bagusnya.

KOMPOSISI, Ruang kosong, garis dan pola geometris, serta warna kontras adalah cara yang bagus untuk mencapai hasil yang diinginkan. Komposisi minimalis mengisolasi subjek dengan menyederhanakan latar dan penampilan benda di sekitarnya.

TONE/EDITING, Kebanyakan fotografer minimalis menggunakan nggak lebih dari tiga warna dalam satu foto. Faktor monokrom termasuk kuat dalam pewarnaan sebuah foto minimalis. Jenis-jenis warna yang digunakan adalah warna-warna sfot dan nggak terlalu mencolok.

STREET AND URBAN PHOTOGRAPHY

Street Photography
Street Photography – pic by photolisticlife

OBJEK, Aktivitas warga kota, cityscape, hingga potret jalanan bisa jadi objek yang menarik. That’s why, genre itu dinamakan street photography karena menangkap sesuatu yang dekat dan kita temui sehari-hari saat beraktivitas diperkotaan tempat kita tinggal.

KOMPOSISI, Latar belakang gedung, pabrik atau kerumunan orang sering jadi background yang membangun suasana perkotaan dalam street dan urban photography. Mirip dengan foto jurnalistik, keadaan disekiling objek merupakan sarana pembangunan feel dan cerita dalam foto.

TONE/EDITING, Banyak fotografer genre ini yang senang memainkan kontras untuk menghasilkan terang gelap yang tajam sehingga kesan objek dan latar menjadi kuat. Mood dibangun lewat permainkan sharpness dan shadow yang kuat.

Last, berdasarkan survei dari suatu surat kabar lokal di daerah saya, hasilnya dari ketiga aliran fotografi diatas, paling diminati generasi muda (Zetizen) adalah Folk/Vintage : 34%, Street/Urban : 29 %, Minimalis : 13%. So, mana aliran terfavorit anda?? kalau saya tetap Toys Photography meski aliran lain pun sama sukanya.

Ref : Zetizen.com

 

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *