5 kota paling bersejarah dalam Jalur Sutera

Kasamago.com – – Jalur Sutera adalah jalur perdagangan bersejarah yang melintasi darat dan lautan, menghubungkan wilayah di Cina, Asia, Mediterania, sehingga menjadi jembatan peradaban, budaya, agama dan bahasa paling maju di zaman nya.

Ramai nya Jalur Sutera mendorong pula berkembang nya Kota Kota yang dilalui nya, dari Cina, Asia Tengah, Arabia, India, Persia dan Turki. 5 diantaranya hingga kini tetap menjadi kota termahyur dengan jejak kebudayaan yang luar biasa, mereka yakni :

1. XI’AN (Chang’an)

Xian
Xian – Pic by Chinatoday

Salah satu kota terbesar di Cina, dikenal sebagai Chang’an, dulunya Ibukota kerajaan kuno yang menjadi saksi misi dagang Internasional pertama dan menandai di mulai nya Jalur Sutera di bawah kekuasaan Dinasti Han (141-87 SM).
Selama 4 abad, Chang’an menjadi ibukota kerajaan China hingga masa Dinasti Tang (618-904). Sebagai kota penting dan pusat kekuasaan, membuat Chang’an memiliki peradaban paling tinggi di dunia. Di kota ini pula, terdapat Masjid Chang’an yang masih berdiri hingga kini.

2. Samarkand

Samarkand
Samarkand – pic by Turizm Kazaba

Sebuah kota indah di jantung Asia Tengah, Uzbekistan, lokasinya sangat strategis diantara Cina dan Mediterania. Selama berabad abad, kota ini menjadi Kota dagang, kerajinan dan pengetahuan. Samarkand mencapai puncak kejayaannya saat Timur Lenk berkuasa di akhir abad 14 dan membuatnya sebagai Ibukota kerajaan. Peninggalan bersejarah di Samarkand antara lain, Infrastruktur dan Observatorium.

3. Aleppo

Aleppo
Benteng Aleppo – pic by Pinterest

Aleppo berada diantara pesisir selatan Mediterania dan lembah eufrat di persimpangan beberapa jalur dagang sejak abad ke 2 SM. Aleppo termasuk dalam kota tertua dan legendaris di dunia, menjadi pusat peradaban terpenting dari abad 12 sampai 15. Beberapa peninggalan bersejarah nya antara lain Benteng, Masjid, Pertokoan/Pasar. Sayang, kini Aleppo porak poranda menjadi medan pertempuran akibat konflik yang melanda Suriah.

4. Mosul

Mosul
Kondisi Mosul ini, pic by CBN

Berada di bagian utara Irak, menjadi kota industri dan perdagangan yang tumbuh berkat Jalur Sutera. Dibawah Bani Abbasiyah, Mosul adalah pusat Ekonomi jalur sutera. Terkenal akan minyak mentah, tekstil, dan ilmuwan nya. Kini, Mosul lebih dikenal sebagai kota teroris akibat konflik yang melanda Irak.

5. Merv

Merv
Kota Kuno Merv – pic by ancient-Origins

Merv adalah Kota Oasis di Asia Tengah dalam sejarah jalur sutera. Ibukota Provinsi Mary, Turkmenistan. Di awal periode Islam, Merv adalah Ibukota Khurasan, dan pada abad 12 menjadi kota besar di dunia. Dari abad ke 8 sampai abad ke 13, Merv mencapai kemakmuran nya, menjadi pusat dagang, kerajinan dan pengetahuan.

Comments

comments

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *