Ada kemiripan Logo OJK dengan symbol Horus?

OJK
logo OJK

Kasamago.com – – Pada tahun 2011, Republik Indonesia memiliki lembaga baru yang memiliki tugas khusus Mengatur dan Mengawasi sektor Jasa Keuangan berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2011.

Di awal kehadirannya, OJK memiliki logo yang katanya mirip dengan logo Pramuka. Karena kurang memuaskan banyak pihak, OJK merilis logo keduanya yang terus digunakan hingga kini.

Logo OJK

Pada logo yang sekarang, berbentuk susunan huruf OJK berwarna merah, menggunakan huruf kapital yang tegas, dan dilengkapi bendera merah putih di bagian atasnya, sehingga memiliki kesan lebih “galak”.

Meski berkesan “Galak”, namun logo tersebut memiliki makna yang luhur, yakni semangat untuk selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara

Logo OJK dan Horus

Horus
Logo Horus

Pada suatu waktu, ada teman saya.. Seorang Entrepreneur sukses, Filsuf sekaligus Pemerhati teori Konspirasi Eropa mengirimkan dua gambar via WA, Logo OJK dan Horus. “Tengok.. Ada kemiripan tidak?”

Seketika, bayangan Teori Konspirasi Wahyudi, Illuminasi dan Remason pun kembali menyeruak di pikiran. Wah.. mau ikut teori konspirasi lagi nih, bisa kejebak cabang ilmu cocoklogi, ngaranglogi, pseudoscience maupun ngepasinlogi.

Kembali saya amati kedua logo secara seksama dan sesingkat singkatnya.. Jika memaksa di miripkan, jelas ada kemirikan. Logo mata horus melambangkan O, garis bawah mata membentuk J dan K.

Terlepas dari apakah ada unsur sengaja, terinspirasi sang pencipta logo OJK dari lambang Horus, atau semuanya hanya Hoax, khayalan alias tidak ada korelasinya sama sekali namun justri disinilah serunya membahas dunia ala Teori Konspirasi.

Cara menyampaikan suatu maksud secara rahasia, cara paling tepat adalah menyusupkan nya pada hal hal publik yang tentu sulit mengundang kecurigaan.

Horus

The Eye of Horus, atau the Eye of Ra, atau All Seeing Eye adalah simbol mata satu yang melambangkan kekuasaan Dewa Ra, Tuhan masyarakat mesir Kuno. Bagi para penyembah Dajjal, Lambang horus mengandung kekuatan penyembuh dan perlindungan. Dari kacamata Islam, Horus adalah representasi Dajjal itu sendiri.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *