Akhirnya Indonesia berhasil membuat Kapal Selam Pertamanya, KRI-Alugoro 405

KRI Alugoro 405
Peresmian KRI Alugoro 405 oleh Menhan – Kompas

Kasamago.com – Perjalanan panjang dari tahun 2013 terbayar sudah, Indonesia melalui PT Pal berhasil merampungkan Transfer of Technology hasil pembelian Kapal Selam Changbogo ( Improved Type 209) buatan DSME Korea Selatan.

Kehadiran Kapal selam pertama buatan PT PAL Indonesia yang diberi nama KRI Alugoro 405 (nama senjata Prabu Baladewa) ini menjadi Kapal Selam ChangBogo ketiga yang dimiliki TNI AL setelah KRI Nagabanda 403 (2017 / Nama senjata Dang Hyang Astapaka), KRI Ardadedali 404 (2018 / nama senjata Arjuna).

Tercata, Indonesia menjadi satu satunya negara diluar Korea Selatan yang mengoperasikan Kapal Selam Kelas ChangBogo.

Baca juga : Alutsista Dashyat TNI

Kenapa ChangBogo?

Alasan pertama kenapa ChangBogo terpilih adalah desain nya yang merupakan turunan dari kapal selam Tipe 209/1300 Kelas Cakra yang sudah dimiliki Korps Hiu Kencana. Sehingga lebih mudah dalam adaptasi dan perihal teknis lain nya.

Kedua, Indonesia mendapat “Gift” berupa Transfer Teknologi untuk memproduksi sendiri Kapal Selam ke tiga nya. Maka sejak Deal Pembelian diteken, berangsur angsur PT PAL mengirimakan para enjiner untuk belajar pembuatan Kapal Selam di markas DSME Korea Selatan.

Keunggulan ChangBogo

Chanbogo
Changbogo – Naval Technologies

Secara Harafiah, ChangBogo adalah Kapal selam tempu Diesel-Elektrik lisensi U-209/1200 Howaldtswerke-Deutsche Werft (HDW) Jerman yang diproduksi DSME Korea Selatan. Untuk Korea Selatan sendiri, sudah mengoperasikan 9 unit Changbogo class di jajaran armada Kapal Selam nya yang diproduksi sejak tahun 1993 hingga 2001.

Meski peninggalan era Perang Dingin, Teknologi Changbogo untuk TNI AL kabarnya sudah mengalami serangkain Upgrading  (improved) menggunakan teknologi terkini sehingga dapat disejajarkan dengan Tipe U-214 yang lebih advanced.

U-209 sendiri didesain untuk menghancurkan kapal selam lawan, kapal permukaan, melindungi pangkalan kawan, dan misi pengintaian. Changbogo class memiliki saudara kembar dari turki, yakni Atilay Class, dimana Turki diberikan lisensi seperti Korea Selatan untuk membuat Kapal Selam nya sendiri.

Penamaan senjata senjata pusaka para tokoh pewayangan pada Alutsista Kapal Selam TNI Al adalah bukti bahwa Armada Hantu bawah laut ini begitu digdaya dan mematikan.

Wira Anantha Rudhiro, Tabah sampai akhir. Sebuah motto suci dari korps Hiu Kencana TNI AL. 5 tahun lebih penantian akhirnya membuahkan hasil, 12 April 2019, PT PAL – KRI Alugoro 405 resmi disahkan oleh Menteri Pertahanan RI sebagai Kapal Selam Pertama Made in Indonesia,semoga meningkatkan daya tempur TNI Angkatan Laut.

Jales Veva Jaya Mahe.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *