Akhirnya N219 terbang perdana !

N219, PT DI, LAPAN

Kasamago.com – –

Merinding rasanya, ada yang luar biasa di perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 Tahun. Salah satu produk dirgantara nasional yang telah dinanti, Pesawat Angkut Ringan, N219 akhirnya menemui gerbang penerbangan perdananya di Landasan Pacu Bandara Hussein Sastranegara Bandung Hari ini, Rabu 16 Agustus 2017.

Selamat.. gemuruh tepuk tangan membahana di dada terdalam. Kenangan First Flight N250 Gatotkaca pada Perayaan Emas 50 Tahun Indonesia Merdeka pada 1995 silam terpancar gemilang.

Uji penerbangan N219 dilakukan pada jam 9 Pagi WIB selama 20 Menit yang disaksikan para Pejabat PT DI dan LAPAN. Pilot Uji N219 adalah seorang Perempuan bernama Kapten Esther Gayatri Saleh dan Co Pilot Kapten Adi Budi Atmoko. Uji penerbangan Perdana ini diupayakan demi mendapatkan sertifikasi ertificate of Airworthiness dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasional Pesawat Udara, Kementerian Perhubungan.

N219 dengan nomor registrasi PK-XDT sukses terbang mulus lalu melakukan serangkaian uji coba antara lain kontrol kemudi dan navigasi. 

Kemampuan N219

N219 adalah pesawat komersil turboprop (baling-baling) bermesin ganda dengan kapasitas 20 penumpang yang sebagian besar dirancang oleh para ahli Tanah air sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Negeri ini. 

Pesawat N219 mampu mengangkut beban hingga 7.030 kilogram (kg) saat take off dan 6.940 kg saat mendarat. Kecepatan pesawat N219 bisa mencapai 210 knot dengan kecepatan ekonomisnya 190 knot.

Sedangkan di sektor Dapur pacu , N219 dilengkapi dengan dua mesin Pratt & Whitney Aircraft of Canada Limited PT6A-42 masing-masing bertenaga 850 SHP dan dilengkapi dengan Hartzell 4-Blade Metal Propeller.

Pesawat N219 dirancang untuk melayani penerbangan perintis di Indonesia seperti kawasan Pulau Papua dan Kalimantan yang sebagian besar berkontur alam yang sulit dijangkau armada darat, serta memiliki bandara yang minim fasilitas.

Kehadiran N219 diharapkan mampu menjadi jembatan utama yang membantu mempermudah proses perpindahan barang dan manusia (transportasi) di wilayah yang membutuhkan.

Bravo N219, Semoga berjalan lancar hingga Produksi massal (belajar dari pengalaman pahit N250).

Jayalah NKRI

Baca Juga :

Masa Depan N219

N250 Reborn

 

Comments

comments

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *