Anomali Qatar

Qatar
pic by pinterest

Sebuah hal yang tidak mengejutkan tetapi mengherankan dan bikin penasaran terjadi di timur tengah. Bukan konflik bersenjata melainkan krisis diplomatik yang mendera Qatar.

Qatar secara tiba-tiba dikeroyok beberapa negara yakni Arab Saudi, Mesir, Kuwait, Bahrain, UEA, Yaman, Libya  dengan memutuskan hubungan diplomatiknya berbarengan, seolah sudah ada komando diantara negara tersebut.

Padahal Qatar itu negara dikawasan teluk yang cukup makmur, nyaman,  tidak pernah berulah dan senantiasa mengekor kebijakan poros Arab Saudi dan Amerika. Kurang apa coba? Ini yang bikin penasaran. Ada apa dengan Qatar ?

Publik dan masyarakat internasional hanya bisa menduga sembari menyeruput serpihan analisa dan opini pengamat para pakar tentang Qatar.

Mengapa Qatar ?

Dari sekian opini dan analisa yang saya baca, beberapa diantaranya indikasi penyebab Qatar di keroyok ramai-ramai adalah :

  • Memberikan dukungan materil pada pejuang Palestina secara rutin.
  • Bekerjasama strategis dengan Iran dalam hal proyek energi LNG.
  • Menjadi rumah bagi para tokoh agama dan politik yang mendukung perjuangan Palestina

Beberapa alasan diatas dianggap menjadi pemicu kenapa Arab Saudi cs berbalik menyerang Qatar, sudah menjadi rahasia umum bahwa negara Arab pada umumnya masih dibawah pengaruh Barat dan Iran adalah musuh utamanya.

Alasan lain versi Arab Saudi cs dan Barat adalah Qatar mendukung ISIS. Suatu alasan yang aneh karena dunia telah paham, ISIS justru bentukan Barat.

Dikorbankan ?

Tak menutup kemungkinan alasan lain kenapa Qatar yang dibidik ramai-ramai yakni pengalihan isu atau penutupan “kasus” besar dari perhatian publik dunia.

Apa “kasus” itu ? menurut saya tidak lain adalah kebenaran dan kenyataan bahwa ISIS terbukti sebagai organisasi bersenjata yang diciptakan, dilatih dan disuplai oleh Amerika Serikat dan sekutunya.

Terang benderangnya kebenaran ini membuat ISIS semakin terjepit dan Konflik Suriah akan dimenangkan oleh Rakyat Suriah. Rusia, Iran, China dan Korea Utara akan meningkat posisi tawar dan pengaruhnya di kawasan.

Jadilah, diperlukan suatu Berita Heboh yang dapat diembat oleh media untuk mengalihkan dan menutup isu sementara terkait ISIS. Tetapi semua ini hanyalah opini ngasal, kita tunggu saja perkembangan dan langkah Qatar. Hanya mereka dan Tuhan yang tahu.

Pada akhirnya waktu yang akan mengungkap kebenarannya sendiri.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *