Arsenik dan Sianida, Duo Senjata Pembunuh Rahasia

Kasamago.com – – Publik Tanah air khususnya Ibukota Republik Jakarta, dihebohkan dengan kasus kematian seorang wanita cantik bin tajir bernama Wayan Mirna Salihin. Di media diberitakan Wayan meninggal usai menenggak kopi yang ternyata mengandung Racun setelah Jasad Mirna selesai di autopsi.

Berlokasi di tempat yang cukup Elit, Restoran Oliver Grand Indonesia, kabar adanya racun dalam kopi yang diminum Mirna sontak menjadi Hits Viral di dunia Maya dan Nyata. Pembunuhan memakai racun jelas sangat mirip dengan aksi pembunuhan rahasia yang dilakukan oleh Agen Rahasia, Intelejen, maupun Pembunuh Bayaran, Persis seperti adegan di film dan Novel. Gayung menyambut, Teman minum Kopi Mirna, Jessica Wongso yang semula menjadi saksi kini berbalik menjadi Tersangka. Kasus makin ramai karena Racun yang ditebar pun bukan sembarang Racun, Sianida, Sejenis racun yang tak sembarangan orang mendapatkan apalagi mengetahuinya.

Jelas orang yang memakai Sianida adalah orang yang berpendidikan tinggi, Penggemar film Agen Rahasia atau pernah mendapat workshop tentang jenis-jenis racun. Sianida maupun teman karibnya, Arsenik masih jarang diketahui oleh masyarakat awam. Jika tersangka nya adalah masyarakat awam, pilihan racunnya bukanlah Sianida/Arsenik tetapi cukup dengan Racun Tikus ataupun Racun Serangga merk By Gone.

Sianida maupun Arsenik mencatatkan sejarah panjang sebagai Racun berkasta Ekslusive, Premium dan kelas Elite. Pemimpin Jerman Nazi atau Reich ke 3, Adolf Hitler menjadi tokoh terkenal sejagad yang mempopulerkan racun Sianida setelah Hitler dan istrinya Evan Braun menenggak racun Sianida sebelum keduanya bunuh diri dengan pistol. Sedangkan Arsenik di populer kan di Tanah air oleh Pejuang HAM, Almarhum Munir Said Thalib Gugur ketika menyantap makanan dan minuman yang mengandung racun Arsenik. Saat itu, 7 September 2004, Almarhum tengah Terbang dari Jakarta Ke Amsterdam dalam rangka menempuh pendidikan S2 Bidang Hukum Humaniter di Universitas Utrecht, Belanda.

Sebenarnya, Selain Duo Arsenik dan Sianida masih ada jenis Racun yang lebih mematikan dan berkelas karena kekuatannya jauh lebih kuat 250 ribu kali dari Sianida !!  yakni Polonium-210. Jenis racun ini juga kerap digunakan dalam pembunuhan rahasia, belum lama ini tragedi yang tengah terkenal terkait Racun Polonium-210 adalah Pembunuhan mantan agen rahasia Russia (FSB) Alexander Litvinenko yang konon di bunuh oleh bekas tuan nya sendiri.

Mengenal Arsenik dan Sianida

Arsenik dan Sianida merupakan 2 Zat beracun berbahaya yang dapat menimbulkan kematian. Dua Zat ini populer digunakan dalam pembunuhan rahasia karena khasiatnya yang mematikan. Seperti apakah Arsenik & Sianida itu, berikut penjelasanya :

Arsenik

  • Arsenik adalah Unsur logam yang membentuk sejumlah senyawa Beracun. Arsenik ditemukan di alam pada tingkat rendah. Sebagian besar bersenyawa dengan oksigen, Klorin dan Belerang.
  • Terkena Arsenik pada paparan rendah tubuh akan mengalami keracunan Kronis dan Karsinogenik (Zat Penyebab Kanker). Pada Paparan Tinggi, korban akan mengalami Kemandulan/Keguguran, gangguan kulit, Gangguan jantung, Kerusakan Otak dan Kematian.
  • Gejala Arsenik yakni : Diare, Gangguan Pencernaan, Muntah-muntah, Tenggorokan terasa Kering, Nyeri Hebat atau Rasa terbakar pada Organ Kemih, Kram otot, Kejang, Mengantuk, Berkeringat, Kebiruan pada tungkai, mata merah, gagal ginjal dan Dehidrasi.
  • Langkah mengatasi racun Arsenik antara lain : Untuk keracunan akut yang belum berlangsung 4 jam, Korban diberi pekak (bunga lawang) ntuk merangsangnya muntah. Dapat juga melakukan bilas lambung Apabila tidak dapat minum. Sedangkan untuk keracunan lebih lama (termasuk keracunan kronik), sebaiknya diberi anti dotum nya yaitu Suntika Intramuskuler di merkaprol.

Sianida

  • Sianida dapat berbentuk cair, padat dan gas. Dia merupakan senyawa kimia ber Atom karbon yang terikat ke Atom Nitrogen dan mengandung kombinasi kelompok Siano ( CN ). Senyawa ini melepas Ion Sianida yang sangat beracun.
  • Jika zat ini masuk ke dalam tubuh bisa mengambat kinerja sel dalam tubuh, mengganggu penggunaan Oksigen oleh sel dan dapat menyebabkan kematian sel. Pada dosis tertentu, zat ini dapat menyebakan kematian dalam jangka waktu 15 Menit saja akibat kekurangan oksigen.
  • Gejala Sianida yakni Sakit Kepala, Kesulitan bernafas, kecemasan, Banyak keluar keringat, kulit kemerahan, merasa sangat lelah, Vertigo dan kejang-kejang.
  • Antisipasinya adalah Mengupayakan agar korban muntah atau membuat muntah dengan merangsang dinding Faring belakang dengan jari ( Jangan dilakukan bila korban tidak sadar), memberi minum hangat, memberikan nafas buatan atau menempatkan penderita diruang terbuka.

Sebagai tambahan, Arsenik adalah Senyawa ampuh yang digunakan untuk mengawetkan kayu, Sedang Sianida secara alami juga terdapat pada biji Buah apel dan sejumlah Kacang-kacangan. Karena kadar nya yang sangat rencah duo senyawa tersebut bisa ditoleransi oleh Tubuh.

———————–

Kunjungi Pula :
Banpol.Blogsaya.com, Kumpulan kisah unik para anggota Satpol PP kontrak

 

Comments

comments

3 Comments
    • kasamago

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *