BB-8 VS R2D2

Kasamago.com – – Sebulan lagi menuju detik detik perilisan seri terbaru dari Star Wars : The Force Awakens rasanya sudah semakin tak sabar untuk menyaksikan petualangan di sebuah Galaxy nun jauh disana. Setahun belakangan ini berbagai obrolan dan pembahasan seputar Star Wars The Force Awakens telah tumbuh disana sini, thriller demi thriller pun disuguhkan sebagai bumbu para spekulan penggemar setia Star Wars.

Hebohnya, mainannya sendiri telah dipasarkan dengan beraneka macam rupa, bentuk, dan harga, sebelum film nya resmi dirilis, fenomena yang luar biasa, sekali lagi membuktikan bahwa nama Besar Star Wars telah menjadi jaminan keuntungan bagi industry Merchandise dan Mainan. Dari sekian macam karakter terbaru yang ada dalam Star Wars :The Force Awakens adalah  Droid imut berbentuk bola bernama BB-8 (Bibi Eight), sekilas dan bukan sekilas lagi, BB-8 mengingatkan penonton Star Wars semua akan Droid terkenal nan ikonik dari Saga Star Wars sebelumnya, R2D2 (Artu Ditu).

BB-8 vs R2D2

Baik BB-8 maupun R2D2 sama2 memiliki desain kepala setengah lingkaran, dan keduanya juga memihak pada sisi kebaikan (Resitence / Rebellion ) ikut melawan kejahatan yang dilakukan Galatic Empire. Sama-sama pula dirancang sebagai Robot Penjelajah yang memiliki banyak fitur dan kemampuan. Perbedaan paling mencolok diantara keduanya adalah moda penggerak yang dikenakan, bila R2D2 memakai dua 3 buah kaki beroda, BB-8 justru menerapkan moda gerak yang unik, Gyroskoptik. Tubuh bulatnya menyatu pula sebagai roda (one Wheel).

Nah, terlepas akan seperti apa peran keduanya dalam Episode ke 7 Star Wars mendatang, ada rasa menarik untuk mengkomparasi keduanya, BB-8 vs R2D2, manakah yang terbaik diantara kedua astromech penjelajah ini.

Mobilitas

BB-8 memiliki keunggulan dalam hal manuver dan kecepatan, one wheel nya mampu berputar cepat (spinning) sehingga unggul untuk bergerak di medan tertentu seperti padang pasir, rumput, dan lantai. Sedangkan R2D2 meski lebih pelan dalam hal Manuver dan Kecepatan, tetapi lebih unggul menghadapi medan yang lebih terjal, berundak dan menjebak. Berbeda dengan BB-8, R2D2 dapat memanfaatkan kedua pilar roda nya menjadi semacam kaki. Yap, R2D2 mampu berjalan, kemampuan yang sangat berguna untuk menyusuri medan bebatuan dan anak tangga.

Material

Terlihat body dan juga roda BB-8 seutuhnya terbuat dari metal/plastik, potensi rawan sliding atau slip sangatlah besar. Selain itu masih menjadi tanda tanya, bagaimana caranya BB-8 mengerem mendadak? Memanfaatkan putaran balik? Itu masih menyisakan daya dorong. R2D2 meski pelan dan kaku, rodanya yang berbahan rubber jelas memiliki traksi yang baik untuk mengerem mendadak dan terbebas dari sliding atau slip.

Fitur

Apa saja fitur yang dimiliki BB-8 masih menanti penayangan film nya, sedang R2D2 telah jelas terbukti memiliki segudang fitur, mulai dari pembobol pintu, perekam video, Penyimpan data, petunjuk jalan, hacking sistem dan lainnya.

Well, dari perbandingan point diatas, R2D2 masih lebih powerfull ketimbang BB-8, namun desain fresh dari BB-8 menawarkan kelebihan tersendiri. Kini yang menjadi pertanyaan, mampukah BB-8 menyaingi ketenaran R2D2? Atau keduanya justru saling melengkapi dan sama-sama terkenal?. Semuanya tergantung bagaimanan peran BB-8 dalam meramaikan kisah episode 7, The Force Awakens.

Pic by mashable.com

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *