Berkurangnya Keagungan Pendopo Kabupaten

Kasamago.com – – Saya termasuk dari kalangan masyarakat Kota Satria yang sedikit kurang menyetujui lokasi pembangunan pusat perbelanjaan modern nan megah di jantung kota ini, Bila anda tengah berkunjung ke pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas, anda akan disuguhi aktivitas pembangunan Mall megah persis diseberang alun-alun.

Bagi iklim perkembangan Ekonomi di Kota Satria, keberadaan Mall diyakini akan memberikan dampak yang cukup signifikan, terutama menyangkut fitur penyerapan tenaga kerja yang konon mencapai angka ratusan hingga ribuan pekerja. Pembangunan Mall ini pula akan semakin menambah Daftar bangunan bertingkat yang sebelumnya di dominasi oleh dunia perhotelan. Namun sekali lagi, keberadaan Mall megah yang menatap langsung pendopo pusat pemerintahan seakan mengangkangi dan menghalangi kebesaran pendopo.

Sebelum pembangunan mall terjadi, siapapun yang ada di pendopo akan menatap deretan perbukitan gunung tugel dan serayu yang menawan di kala cuaca cerah dan langit bersinar kebiruan. Panorama menyejukan mata yang kini mulai berangsung padam, pandangan luas ke langit dan keindahan perbukitan gunung dari arah pendopo kabupaten sebentar lagi tertutup oleh dinding raksasa, bagaikan gerhana matahari di siang hari.

Tak memungkiri jika kawasan pendopo dan alun-alun di depannya adalah pusat keramaian penduduk kota satria dengan puncaknya berada di sabtu malam, dekatnya Pusat Perbelanjaan dengan Pusat keramaian masyarakat otomatis seperti magnet U yang bertemu dengan magnet S, saling memikat. Sebuah bentuk lokasi super strategis yang sangat bernilai harganya dan sulit tersaingi dalam waktu lama. Kini yang dikhawatirkan, selain mengiris dan menyabotase keagungan pusat pemerintahan, sang Mall pun diperkirakan akan memberikan dampak peningkatan lalulintas di sekitarnya, pemberlakuan jalan satu arah tatkala malam minggu melanda sepertinya bakal di lakukan secara rutin sepanjang hari.

Well, Saya hanya dapat berharap, Masyarakat kota Satria tetap memberikan perhatian, penghormatan dan rasa cintanya kepada Pendopo Kabupaten meskipun kini diseberangnya ada bangunan mewah yang siap merebut hati masyarakat kota satria.

Comments

comments

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *