BerTravel, Usaha belajar menjadi seorang StartUpreneur

Kasamago.com – – Dewasa ini paralel dengan merebaknya gawai gawai Android dan iphone yang telah menjelma menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat, berkembang pula berbagai bisnis, media, jasa dan sebagainya yang mulai beralih berbasis teknologi informasi atau digital.

Perkembangan ini mulai terasa cetar membahana dan tumbuh bak jamur di musim hujan disekitar Tahun 2012 hingga 2015, juga seirama dengan tingkat penetrasi pengakses Internet yang begitu masif di Indonesia. Semua berkat mudahnya masyarakat menjangkau layanan internet dan kepemilikian device/komputer yang telah menjadi bagian pokok masyarakat masa kini atau masyarakat digital.

Bangkitnya Industri Start Up

Salah satu sektor yang menjadi buah bibir dan kini marak digeluti kawula muda modern adalah maraknya Perusahaan berbasis Start Up atau rintisan. Secara ringkas, Start Up adalah Perusahaan rintisan berbasis teknologi yang memberikan solusi kreatif dan inovatif atas sebuah permasalahan. Contohnya sangat berjibun sekali, digenre Marketplace atau bursa jual beli ada TokoBagus (kini OLX), Tokopedia, Elevania, Bukalapak, Kaskus FJB dsb. Di Bidang jasa ada layanan Traveloka, Trivago, Mister Aladin, dsb, dan masih banyak lagi.

Sebelum Industri Start Up booming dan seheboh sekarang, Saya pun pernah memiliki rencana dan action membuat semacam situs Start Up di awal Tahun 2012 silam. Saat itu, saya masih belum begitu mengenal dan memahami istilah StartUp. Inspirasi saya ketika itu adalah situs Telunjuk.com yang membantu user mencari barang yang dibutuhkannya. Termotivasi oleh pendirinya yang berhasil membuatnya di usia dibawah 25 Tahun, saya pun berpacu dengan waktu, ide dan tenaga untuk turut membangun sebuah situs yang memberikan solusi khusus, yang jelas sebagai pertama/pelopor dan satu satunya.

Lahirnya BerTravel, Situs pencarian agen Travel pertama di Indonesia?

Jawaban hadir dari dalam Blog saya sendiri di www.kasamago.wordpress.com yang kini menjadi www.dwioktanugroho.wordpress.com ,dalam konten blog Saya ada salah satu artikel yang selalu hangat (Top Comment) dan sering dihujani banyak komentar. Artikel tersebut berisi Daftar AgenTravel di Purwokerto. Artikel yang tak pernah terbayang oleh saya sekalipun menjadi artikel yang begitu ramai dikunjungi. Berkaca dari artikel ini berikut banyak pertanyaan yang diajukan pengunjung, akhirnya saya mendapat ide untuk menciptakan suatu situs ala Search Engine yang khsusus membantu user mencari Travel nya berdasarkan Kota Asal dan Kota Tujuan.

Tak berselang lama, tercetuslah nama BerTravel.com, pemilihan nama tersebut membutuhkan waktu semingguan untuk memilihnya karena banyak nama yang dinginkan telah dipakai orang lain. Secara Harafiah, BerTravel memiliki maksud ‘Menggunakan Jasa Travel’.

Karena tak lihai dalam menjiwai Pemrograman Web, urusan teknis satu ini saya menggunakan Jasa Teman untuk membuatkannya plus pemesanan Hosting dan Domainnya sehingga Tugas utama saya pun dapat terfokus di zona desain, konten dan pemasarannya. Tak butuh waktu lama untuk membuatnya karena konsep nya yang begitu sederhana, seminggu kemudian BerTravel.com pun resmi lahir di jagad maya.

Layu Sebelum Tumbuh

Rencana yang Indah tak seindah pelaksanaannya, itulah yang saya rasakan di hari hari pertama mengoperasionalkan BerTravel.com. KONTEN, ini menjadi momok yang baru diketahu saya belakangan. Bagaimana mengumpulkan database para agen Travel di seluruh Indonesia? Karena memang sasaran utama BerTravel tak hanya menjangkau kota Purwokerto saja tetapi juga Indonesia. Jika harus Input data agen satu persatu sungguh suatu pekerjaan berat, saya perlu keliling mengunjungi agen travel dari Sabang sampai Merauke !! Kenapa tidak mencari data Agen via Online ? Susah !! nyatanya tak semua atau malah sebagian besar agen Travel belum men Online kan bisnis nya. Hanya Perusahaan Travel besar saja yang telah berbasis online.

Itu Baru stuck di ranah Konten, belum menyentuh pemasarannya, lengkap aktif bagaimana agar masyarakat mengetahui keberadaan BerTravel.com. Salah satu solusi terkait konten adalah menghubungi agen travel satu persatu agar mau menginput data nya sendiri ke database BerTravel. Ide ini pun menguap sebelum terlaksana, rasa malas dan gagal fokus menjadi kendala utama. Hanya hitungan 3 Bulanan saja Saya benar-benar aktif mendalangi BerTravel, bulan bulan berikutnya hingga habis usia Domain, maka turut habislah keberlangsungan BerTravel.com.

Meski hanya sekelebatan dan berusia pendek, pengalaman dan kenangan menciptakan BerTravel.com menjadi suatu pengalaman luar biasa bagi saya tersendiri. Tanpa disadari pernah turut meramaikan industri StartUp tanah air sebelum benar benar booming.

Last, Jauh didalam relung hati saya, masih ada keinginan kuat untuk menghidupkan kembali BerTravel.com, berharap menemukan partner dan sponsor yang tepat untuk menghidupi dan  mengembangkannya bersama-sama. Berharap, masih belum ada yang memanfaatkan ide ini secara massif.

Jika Ada yang tertarik ide tentang BerTravel.com, sekiranya dapat bergabung dan bekerja sama menghidupkannya kembali. silahkan hubungi saya kapan saja di blog Kasamago.com

Salam StartUp Preneur/Digitalpreneur

Comments

comments

3 thoughts on “BerTravel, Usaha belajar menjadi seorang StartUpreneur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *