Bilal Movie, Kisah hidup Muazin pertama Umat Islam

Kasamago.com, – -Sejarah dan Umat Islam mengenal nya sebagai Bilal bin Rabah, Budak asal ethiopia yang memeluk Islam di awal penyebaran Islam oleh Rasulullah SAW. Di kemudian hari Bilal dibebaskan oleh sahabat Rasulullah, Abu Bakar ash shiddiq.

Ketika hukum Syariat Adzan di perintah Allah SWT, Bilal dipilih oleh Rasulullah sebagai Muazin karena suara nya yang merdu nan lantang.Kisah kehidupannnya yang penuh nilai kepahlawanan, kemanusiaan, keadilan, kebebasan, kesetaraan dan akidah tak akan pernah luput oleh Zaman untuk selalu diceritakan.

Bilal Movie

Bilal a New Breed Hero, film animasi asal Uni Emirat Arab adalah realisasinya. Film ini konon sudah digarap sekian tahun bekerja sama dengan Studio Amerika. Sebelum menonton Bilal, hati saya sudah bergetar hebat mendengarkan soundtrack nya, yang dibawakan Akon feat Redone berjudul Warrior. Lagu keren bin mantab menggambarkan perjuangan sejati seorang Bilal.

Selain plot ceritanya yang terinspirasi dari kisah nyata, keunggulan film bilal adalah Kualitas animasi nya yang super serius, segar dipandang, memiliki ciri khas tersendiri. Sepanjang durasi film yang hampir 2 jam pas ini, dijamin pandangan mata tidak akan lelah berair.

The Story

Setelah diculik dari Hamama, Ibu nya, Bilal dan adiknya perempuannya Ghufaira, dijadikan budak oleh Umayya bin Khalaf, Penguasa mekkah, pemimpin kaum Kafir yang memanfaatkan Berhala untuk kekayaan dan kekuasaan.
Saat remaja, Bilal terlibat perkelahian dengan Safwan, putra Umayya demi melindungi adiknya. Sejak itu, Bilal selalu menjadi target Safwan untuk dihina.

Ketika sudah menjadi pria dewasa, Bilal bertemu dengan pedagang kaya dari Madinah, Abu Bakar. Abu Bakar berkeinginan membeli bilal untuk dibebaskan. Perkenalannya dengan Abu Bakar memantabkan Bilal untuk memeluk Islam.Kabar adanya budak Umayya yang masuk Islam segera tersebar, Safwan menuduh Bilal dan Bilal justru dengan lantang mengakui nya.

Tibalah hari hari penderitaan dan penyiksaan bagi Bilal, di penjara tanpa makan minum, dicambuk. Umayya berusaha keras memaksa Bilal meninggalkan Islam, tapi justru membuat ketekadan masuk Islam semakin kuat.

Tibalah hari penghukuman, Bilal di pancang dibawah sinar matahari, lalu di tindih batu besar. Rasa sakitnya belumlah seberapa dibanding perjuangan Islam dan Rasulullah. Abu Bakar lantas membeli Bilal dari Umayya dengan harga berkali lipat dari awalnya.

Battle of Badr

Setelah bebas, Bilal dan teman nya pindah ke kota Madinah. Di kota inilah, Bilal membantu membangun Masjid pertama Umat Islam dan menjadi Muazin nya. Bilal juga dilatih berpedang oleh Hamza, salah satu prajurit terkuat umat Islam.

Perlahan namun pasti, pengaruh Islam semakin kuat, pemeluk Islam berkembang pesat. Umayyah pun panik dan terancam, segera dia menyerang Madinah beserta seluruh Bala Tentaranya. Perang Badar pun berkobar. Pasukan Islam kalah jumlah namun digdaya dalam strategi, Umayya pun tewas berserta pasukannya.
Kemenangan dalam Perang Badar membuat kekuatan Islam semakin dashyat, dan akhirnya Mekkah berhasil ditaklukan sesudahnya.

Conclusion

Pada akhirnya, Bilal dan pasukan Islam berhasil membebaskan Mekkah, menghancurkan seluruh berhala , puncaknya, Bilal mengumandangkan Adzan diatas Kabah.

Last Bilal a New Breed of Hero kaya akan pelajaran kehidupan, tokoh Abu Bakar senantiasa memberikan kata mutiara yang luar biasa. Sangat ironis jika Bilal kurang maksimal ditayangkan di bioskop tanah air, film ini sangat wajib ditonton generasi muda ketimbang  Dilan dan Yowisben.

Skor : 4.9/5 ~ Wajib ditonton, sangat Inspiratif.

Comments

comments

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *