BMX, Sepeda sepanjang masa

Kasamago.com – – Hampir tidak mungkin setiap anak di Indonesia yang lahir diatas tahun 70an belum pernah menikmati asyiknya bersepeda BMX (Bicycle Moto-cross). Berbeda dengan sepeda masa kini yang terdiri dari berbagai varian, mulai dari MTB, Fixed Gear, Road bike, Hybrid, XC, FoldingBike, Downhill, dll dimana setiap tahun dapat berbeda wujud dan fiturnya. Hal itu justru tidak berlaku bagi Sepeda jenis BMX. Dari lahir hingga kini, BMX tidak mengenal perubahan, kadaluarsa atau ketinggalan Jaman. Dari dulu, bentuk BMX yang itu-itu saja !

Di tanah air, akhir-akhir ini BMX tengah kembali menjadi BMX, khususnya semenjak sinetron Go BMX beredar di salah satu TV Swasta Nasional. Meski telah menjadi Trend, BMX memang sudah terlanjur melegenda puluhan tahun lamanya. BMX Berawal dari jenis sepeda Schwinn Stingray yang diproduksi tahun 1963. Sepeda ini digunakan anak-anak untuk meniru gaya Pengendara Motocross.

Booming BMX bermula di era 70-an, Banyak anak muda di seluruh dunia menggunakan BMX untuk bersepeda dengan berbagai gaya Freestyle. Karena memang BMX sangat powerfull untuk dikendalikan dengan teknik Khusus ala Freestyle. Di era 90-an, Olahraga ekstrim menggunakan BMX menjadi sorotan dunia sehingga dijadikan sebagai salah satu cabang olahraga. Saking Populernya, pada tahun 2008 BMX dijadikan sebagai cabang Olimpiade International.

Menunggangi BMX sebenarnya memiliki banyak tantangan yang rumit, terutama jika harus bermanuver dan berlompatan seperti berputar di udara, serta Jumping pada Skateboard. Guna memenuhi kebutuhan Super Ekstrim, Rangka atau Frame BMX biasanya berukuran 20 inci dengan bahan yang ringan dan tentu saja kuat untuk menahan beban sang pengendara. Saat ini ada dua Organisasi yang memayungi Balap BMX di Amerika, yakni ABA dan National Bicyle League (NBL). Organisasi ABA mewakili pantai barat Amerika dan NBL mewakili pantai timur Amerika. Ada pula Organisasi khusus yang mewadahi Freestyle BMX di Amerika yakni American Freestyle Association (AFA).

Sampai sekarang, di seluruh penjuru Dunia, Sepeda BMX tetaplah Populer dan bahkan makin Populer baik di Amerika Serikat maupun di Indonesia sendiri. Sepeda BMX seolah abadi dan tak lengkang tergerus perubahan Jaman. Desain yang simple dan rigid sangat mengakomodir pengendaranya melakukan hal-hal Ekstrim. Last but not Least, BMX kini diakui namanya sebagai salah satu Cabang Olahraga, tidak ada salahnya Indonesia rutin mengadakan kejuaraan BMX untuk menemukan bibit-bibit calon Atlit masa depan di cabang BMX. Go BMX !!

Comments

comments

2 Comments
    • kasamago

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *