Buku Nikah jadi Kartu Nikah, Praktis tapi Dungu

Buku Nikah
E-Passport, Seharusnya Buku Nikah diupgared jadi e-Buku Nikah bukan kartu Nikah || Pic by JendelaKeluarga.com

Kasamago.com – – Di sebuah minggu yang santai (11/11/18), hati saja dikejutkan oleh sebuah running text di televisi yang bertuliskan “Kementrian Agama akan mengganti Buku Nikah Menjadi Kartu Nikah”.

Era Sontoloyo yang menggelayuti Kekuasaan Republik semakin hari semakin membuah kehebohan dan kontroversi. Dari HoaX, Kampanye, Hutang, Tol Gratis, dan seabreg berita aneh tapi semakin nyata.

Dan yang terbaru, Google di tuduh melakukan pelecehan kepada Presiden RI karena hasil pencarian bertajuk “Genderuwo naik Chopper”, yang keluar gambar pak Presiden naik Chopper. Terlalu..

Buku Nikah

Buku Nikah memiliki marwah yang begitu luar biasa, menjadi bukti sah suatu ikatan suci bernafaskah Keyakinan dan diakui oleh Negara. Didalamnya tertulis dengan penuh Subtansi dan Essensi terkait Tuntunan dan Pedoman dalam berumah tangga, Kewajiban dan Hak bagi Suami Istri.

Lalu jikalau diganti menjadi Kartu Nikah canggih ber QR Code, apakah itu akan tetap menjaga marwah tinggi suatu Buku Nikah?? jawaban saya Tidak.. No.. Definisi Kartu dan Buku saja sudah sangat jauh berbeda.

Ibarat Buku Pelajaran di ganti Kartu Pelajaran, hilang sudah kan makna dan arti dari kata sebelum nya?

Kartu Nikah

Sebelum mengagendakan mengganti Buku Nikah menjadi Kartu Nikah, Pihak Kementerian seharusnya meng sosialisasi kan rencana nya kepada publik, diskusi dengan pihak terkait. Apa maksud dan tujuan pergantian ini dan sebagai nya.

Misal demi menyesuaikan perkembangan teknologi informasi, tak perlu lah sampai mengganti Buku menjadi Kartu. Cukup Buku Nikah di berikah halaman khusus yang terdapat Chip, QR Code atau Barcode. Seperti E-Passport, tetap mempertahankan bentuk dasar nya.

Last, semoga ada penjelasan yang clear dan dapat diterima dari Kementrian Agama perihal Kartu Nikah ini.

 

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *