Coco: Keluarga, Musik dan Tragedi

Coco

Kasamago.com

Penyebab terbesar saya antusias menonton film animasi garapan Disney Pixar adalah munculnya berita berjudul “Gitar tradisional Mexico laris berkat film Coco”.

Dari situlah, coco mau tidak mau wajib ditonton segera. Hasilnya.. Coco saya masukan dalam daftar “Film terbaik 2017” meski belum saya masukan.

Coco dan Musik

Awalnya saya mengira coco berkisah tentang bocah mexico bernama coco yang berjuang meniti karir untuk menjadi pemusik handal mexico. Ternyata salah, coco adalah sebuah kisah besar,penuh misteri, kejutan dan tragedi dimana musik menjadi kunci nya.

Alkisah ada sebuah keluarga kecil, Sang Ayah pergi dari rumah demi karir musiknya, meninggalkan Istri, Imelda Rivera dan anak perempuan nya, Coco.

Sang Ayah tak pernah kembali, Imelda kecewa berat lalu membuang segala hal tentang musik dari diri dan keluarga, bagi Imelda musik adalah kutukan, haram dan jahanam.

Keputusan Imelda lantas berubah menjadi peraturan dan tradisi keluarga. Bisnis Sepatu kemudian menjadi tulang punggung Ekonomi dan bisnis keluarga Rivera.

Tersebutlah bocah bernama Miguel, Cicit dari Coco yang tumbuh menjadi anak berjiwa musik sejati. Bakat musiknya urung tersalurkan karena kekangan keras dari keluarganya.

Pada suatu waktu Miguel nekad mencuri Gitar milik musikus dan superstar Mexico, Ernesto De La Cruz. Kejadian ajaib membuat Miguel memasuki alam Arwah.

Dunia Arwah

Dunia Arwah di film Coco sangat menawan, Keren..  Ada teknologi, Makhluk Fantasi dan segala macam aktivitas “konyol” Aparat Kematian dan penhuni nya yang bikin mata penonton terhibur.

Di dunia kematian/ Arwah , ada tradisi di setiap event tertentu, arwah keluarga akan pergi menyebrang dari Dunia Arwah ke Dunia Manusia untuk berkumpul bersama keluarga yang masih hidup.

Nah agar mendapat ijin / akses menuju dunia manusia, Si arwah harus memiliki foto yang dikenang keluarga nya. Jika tidak, berarti si arwah telah dilupakan keluarga nya yang masih hidup. Jika tejadi, selain dilarang masuk dunia manusia, lambat laun si Arwah akan lenyap dengan sendiri nya entah kemana.

Karena melihat foto Gitar Ernesto di foto keluarga mama Coco, Miguel menganggap Ernesto De La.Cruz adalah Ayah nenek buyutnya, mama Coco yang hilang dan menjadi biang keladi pengusiran jiwa musik di keluarga Rivera.

Dengan bantuan Hector, arwah kucel sebatang kara, Miguel berusaha mencari Ernesto. Disisi lain, Miguel bersedia membantu hector membawa foto nya ke dunia manusia agar dirinya mendapat ijin masuk dunia manusia guna bertemu anak perempuannya.

Coco

Tragedi

Setelah melalui perjuangan sengit, Miguel dan Hector akhirnya bertemu Ernesto. Disinilah segalanya meledak, bak jembatan runtuh tiba tiba, petir di siang bolong. Misteri yang selama ini menjadi dalang tragedi keluarga Miguel (Rivera) terkuak.

Ernesto De La Cruz sukses besar karena membunuh Hector lalu mencuri lagu lagu ciptaan dan Gitar milik Hector. Ya.. Hector tidak lain adalah Ayah asli mama Coco. Kakek-Kakek moyang nya Miguel yang selama ini dikira Ernesto.

Di depan arwah Isterinya, Imelda hector menjelaskan segala kebenaran yang ada.. mendebarkan dan mengharukan. Dengan dukungan seluruh arwah keluarga besar nya, Miguel berhasil kembali ke dunia manusia dan membeberkan tabir misteri yang selama ini tertutup.

Setahun kemudian, nama hector dan karya nya di pulihkan kembali, Musik kembali menjadi bagian keluarga Rivera. Sedangkan Ernesto mendapat ganjaran nya dan Mama Coco telah meninggal dengan tenang. Di dunia Arwah, Hector, Imelda dan Coco akhirnya bersatu kembali dengan bahagia.

Last, Coco memberikan pelajaran berharga bahwa Keluarga lebih penting ketimbang sebuah karir..

Skor : 4.9/5 ~ mengharukan.. menginspirasi.

Comments

comments

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *