The Shallows, Duel maut seorang Peselancar dengan seekor Hiu

Kasamago.com – – Ada sebuah pepatah, anekdot yang tak lekang di makan jaman. Dibalik keindahan terkadang menyimpan bahaya di dalam nya. Sudah sekian Tahun ini, saya tak lagi menjumpai film bertema serangan Hiu semenjak Film Hiu terbaik yakni Jaws series dan Deep Blue Sea di dekade 90-an silam. Jikapun ada film tentang Hiu, hasilnya sangat tak sebanding dengan 2 Judul diatas, Hiu nya seringnya memakai CGI berkualitas rendah jadi sangat terlihat bohongnya

Periode bulan Juni – hingga Awal Agustus 2016 adalah masa dimana saya sedang vakum vakum nya berkunjung ke Bioskop, walhasil banyak film besar seperti Ghostbuster, JasonBourne, Suicide Squad, Star Trek Beyond terlewat begitu saja. Untuk berpelipur hati, Saya kemudia menyambangi lapak lapak penyedia film streaming, dan pandangan lantas tertuju pada Poster The Shallows yang membuka nostalgia lama akan film bergenre serangan Hiu.

Premis dan Plot nya sungguh sederhana, tetapi the Shallows menyuguhkan pendekatan lain, kemasan lain sehingga terlihat lebih segar dan berbeda. Malah terlihat epik menggabungkan perjuangan Survive manusia di tengah pulau asing di tambah kengerian sedang diburu seekor Hiu ganas.

Alkisah, ada seorang Perempuan Mahasiswa Kedokteran yang sedang berusaha menanggalkan kehidupan penatnya di Texas, Amerika. Nancy Adams (Blake Lively, Istrinya Ryan Reynolds) namanya, hobi berselancar membawanya mencari pantai eksotis yang belum banyak terekpose ke publik, mirip seperti pantai Menganti Kabupaten Kebumen dahulu sebelum sekarang sesak oleh pengunjung. Dengan diantar seorang warga setempat, Nancy pun sampai di Pantai yang diketahui namanya. Berkali kali Nancy bertanya pada warga tersebut, tetapi enggan untuk dijawabnya. Penonton disini dibikin kentang menebak apa nama pantai yang berada di negara Mexico ini.

Indahnya Pantai bak Surga membuat Nancy tak menghiraukan waktu yang sebentar lagi berganti senja, Nancy lantas ber Surfing ria di pantai menawan tanpa mengetahui akan sebuah bahaya besar yang menguntitnya. 180 an meter dari bibir Pantai, Nancy bertemu dua orang peselancar lokal, mereka lantas menyudahi aktifitas nya surfingnya karena hari akan beranjak malam, tak lupa mereka mengingatkan Nancy untuk segera balik ke pantai.

Tak menghiraukan himbauan dua orang peselancar lokal, nancy terus menikmati bermain papan surf nya. Sejurus kemudian, Nancy menemukan Paus yang sedang merana kesakitan penuh luka, rasa penasaran membuat nancy mendekati Paus berdarah tersebut. Insting manusia Nancy berdetak ketika merasa ada bahaya dibawahnya dan segera berbalik arah kembali ke pantai. Sayang belum lama berbalik, si Hiu sudah menampak dirinya membuat luka robek di paha kiri Nancy.

Dari detik inilah, duel maut Nancy melawan Sang Hiu dimulai.

Nancy lalu bertahan hidup menaiki tubuh si Paus, namun Hiu dengan agresifnya malah menubruk nubruk tubuh si Paus hingga tenggelam, Nancy berpindah bertahan di sebuah batu Karang. Berjam jam nancy harus bersurvival ria mendekam diatas karang disertai ketakutan karena si Hiu ternyata tipikal Hiu Maju terus pantang mundur.

Malam kemudian menggelayut, Nancy sadar jika dia tak berbuat apa apa hanya kematian yang akan menyapanya. Dinginnya udara, Luka robek, dan intimidasi Hiu membuat penonton ikut merasakan pula kengerian nya. Diatas Karang, Nancy ditemani seekor burung laut bernama Steven Seagull.

Pagi menerjang, Nancy pun terpaksa mengeluarkan kekuatan maksimalnya guna bertahan hidup. Dengan perjuangan menghindari terkaman Hiu, Nancy berenang menuju sebuah Sunobuoy karena air pasang membuat batu karang tenggelam. Di atas Sunobuoy inilah adegan klimaks berlangsung, duel maut Nancy vs Hiu begitu meneganggkan, sang Hiu tak henti hentinya menyerang dengan berbagai cara. Atas takdir Skenario, Nancy akhirnya memengangkan duel mautnya melawat si Hiu dengan begitu dramatis.

Singkat cerita, Nancy berhasil diselamatkan berkat rekaman video di Gopro Yi milik peselancar lokal yang sudah tewas di terkam Hiu sebelumnya. Kengerian Hiu pun berakhir disini… Kesimpulannya, The Shallows cukup menghibur dan menegangkan, berhasil mengangkat kembali nostalgia film tentang Hiu yang banyak dirindukan. Meski ber Plot sederhana, The Shallows sukses memanfaatkan seluruh potensinya.

Skor : 4/5 ~ Recomended untuk ditonton.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *