Firstman, Perjuangan seorang Neil Armstrong

Firstman
Firstman – Comingsoon.net

Kasamago.com — Firstman menjadi salah satu film “underdog” yang memantik kejutan jelang akhir tahun. Setelah menonton nya dengan begitu khidmat di ditemani gerimis hujan malam hari, akhirnya saya mendeklarasikan film Firstman sebagai film Drama Biopik terbaik Tahun 2018 ini.

Melalui poster film nya, Orang akan menebak “ini tentang perjalanan Astronot Neil Alden Armstrong (1930- 2012) menjejakkan kaki di Bulan”.

Tebakan saya benar namun agak meleset, Firstman lebih dari sekedar ambisi mendarat di bulan, tetapi suatu pergulatan batin seorang Ayah dalam menghadapi jejak takdir nya. Film ini di adaptasi dari buku First Man: The Life of Neil A. Armstrong karya James R. Hansen.

The Story

NASA
X 15 NASA – Pic by NASA

Cerita di mulai ketika Neil Armstrong menjadi Test Pilot pesawat eksperimental NASA, North American X 15 yang dapat menembus keluar atmosfer (Outer Space). Neil berhasil, namun rasa takut tak dapat kembali ke bumi membuatnya buru buru landing.

Di tengah karir nya sebagai pilot engineer NASA, Neil Armstrong harus merelakan kehilangan putri kedua nya yang masih balita, Karen Amstrong karena suatu penyakit.

Kematian Karen membuat hidup Neil seperti trauma, tawaran menjadi Astronot Proyek Gemini 8 milik NASA segera di sambut Neil dengan antusias. Berikut nya, penonton akan disajikan pergulatan hidup antara Karir dan Kematian, berturut turut Test Pilot NASA berguguran satu demi satu sebagai tumbal proyek ambisius NASA dan pemerintah AS.

Setelah kegagalan Test Apollo 11 yang membuat 3 orang teman Neil Terbakar hidup hidup di dalam Modul Apollo, Istri Neil, Janet Amstrong semakin takut dan khawatir jika Neil juga akan mati, meninggalkan diri nya dan anak anak nya.

Kegagalan dan Kesuksesan datang silih berganti sebelum penerbangan Apollo 11 yang legendaris itu terjadi. Masyarakat Amerika memulai protes besar besaran terhadap Proyek NASA yang menyedot biaya luar biasa, termasuk puluhan pengorbanan nyawa para Astronot nya.

Akhirnya, ditengah pertaruhan hidup dan mati, 16 Juli 1969 Misi Apollo 11 dimulai. Kennedy Space Center meluncurkan Roket Saturn V SA 506 beserta Modul Lunar Eagle yang membawa 3 Astronot , Neil A. Armstrong, Edwin E. “Buzz” Aldrin Jr. dan Michael Collins berhasil menciptakan sejarah bagi umat manusia, mendarat di bulan.

Conclusion

Apollo 11
Kru Apollo 11 – Wikipedia

Adanya campur tangan Sang sineas legendaris Steven Spielberg dalam film ini sudah patut di duga, Kualitas Plot dan teknis Firstman begitu menawan, mampu memprovokasi emosi penonton nya. Penonton akan disuguhkan perjuangan berat NASA mewujudkan Ambisi mendaratkan manusia dari tahun 1961 hingga 1969 , sungguh melelahkan.

Misi Apollo 11 adalah jawaban atas impian dan harapan yang di gelorakan mendiang Presiden John F Kennedy, yakni mendarat di Bulan sekaligus bukti kemenangan Amerika atas Soviet dalam laga Space Race.

Last, terlepas dari Konspirasi bahwa misi pendaratan di Bulan adalah salah satu kebohongan dan Rekayasa terbesar di abad 20, Aktor Ryan Gosling berhasil menyatukan sosok Neil Amstrong dalam diri nya.

“Inilah Sebuah langkah kecil bagi seseorang, tetapi suatu langkah besar bagi umat manusia.”

Skor : 4.7/5 ~ Alur kisahnya menghanyutkan suasana.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *