Full metal Alchemist live action; Perjuangan Penebusan Dosa

Kasamago.com — Dalam kisah aksi Petualangan, premis terfavorit adalah “berawal dari tragedi, berakhir menjadi pahlawan”. Salah satu kisah terbaik yang berlandaskan premis ini adalah Anime Full Metal Alchemist (Hagane no Renkinjutsushi).

Full Metal Alchemist (FMA) adalah salah satu anime terpopuler di tahun 2005 bersama Gundam Seed dan Naruto. Gaung kepopulerannya cukup dashyat, sehingga pantas jika Anime yang berasal dari Manga karya Hiromu Arakawa ini dibuatkan versi live action nya.

The Live Action

Bayang kegagalan ala Attack on Titan (Shingeki no Kyojin) live action sedikit terbesit dalam benak, maklum mengadaptasi anime berlatar Eropa oleh Sineas Jepang adalah tantangan pelik. Walhasil, Syuting FMA pun dilakukan di salah satu kota kecil di Italia, (Volterra).

The Story

Tersebutlah Kakak beradik berusia 9 & 8 tahun, Edward Elric (Ryosuke Yamada) dan Alphonse Elric yang mendadak ditinggal mati Ibu nya, Trisha Elric. Dalam kesedihan, Ed yang memiliki bakal ilmu alkemi (mengubah dan memodifikasi unsur/zat) nekad melakukan alkemi paling terlarang, yakni menghidupkan kembali ibu nya.

Tragis, usaha Ed dan Al membuka gerbang kebenaran yang menjadi wilayah Tuhan membawa derita bagi keduanya. Melalui lingkaran Transmutasi, Ed dan Al malah membangkitkan sosok iblis, disisi lain Ed harus kehilangan kaki kiri nya dan Al seluruh tubuhnya. Ed mengorbakan tangan kanan nya untuk mengembalikan jiwa Al dan memasukan nya ke dalam Zirah Besi.

Ed dan Al terkenal sebagai Full Metal Alchemist, karena Ed memakai lengan dan kaki buatan bernama Automail buatan teman masa kecil nya, Winry Rockbell (Tsubasa Honda). Dengan menjadi Alkemi Negara, Ed lantas berjuang menebus dosa mengembalikan tubuh Al sembari menjalankan tugas sebagai Alkemi.

Dalam setiap aksinya, Ad dan Al kerap bersinggungan dengan militer yang dipimpin Kolonel Roy Mustang (Dean Fujioka), sang alkemi Api dan asisten nya, Riza Hawkeye (Misako Renbutsu).

Ed menemukan cara mengembalikan tubuh Al tanpa perlu mengorbankan nyawa, yakni memanfaatkan batu bertuah. namun pada akhirnya Ed dkk menyadari kenyataan pedih dibalik keberadaan batu bertuah.

Conclusion

Hal paling utama dan menarik dalam FMA yang berkesan adalah hubungan kakak beradik Ad dan Al, sangat menyentuh dan inspiratif. Meski kadang cekcok keduanya saling melindungi dan menghormati karena mereka adalah satu satu nya keluarga Elric yang tersisa.

Skor : 4/5.0 ~ Plot menarik, VF masih kasar, adaptasi Eropa terasa ngirit

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *