Jaga dan Lindungi Dompet anda selalu

Kasamago.com – – Artikel ini terinspirasi oleh suatu musibah menghentakan sekaligus konyol yang belum lama ini saya alami. Kehilangan Dompet mungkin menjadi peristiwa yang tak inginkan oleh siapapun juga apalagi klo isinya Surat berharga, emas batangan, berlian, atau duit titipan, dipastikan Otak seketika memanas dan Kipas pendinginnya seolah berhenti bekerja.

Kelimpungan.. itu isi dari pikiran dan hati saya sesungguhnya, bukan sikap tenang yang seolah sangat saya paksakan agar perasaan kelimpungan tak berkembang menjadi Chaos mendalam. Dompet hilang pada umumnya Bukanlah uang nya yang membuat panik, tetapi surat-surat seperti KTP, SIM, ATM, STNK dan lainnya. Untuk sekarang, pembuatan KTP yang telah di sentralisasikan ke pusat, proses kapan jadinya tak bisa di prediksi, bisa berbulan bulan hingga bertahun tahun. Di Kota saya, eKTP sementara di gantikan dengan KTP sementara yang ukurannya lebay, sebesar kertas A4.

Berikutnya SIM, proses nya sebenarnya singkat, tapi tetap saja lingkungan pembuatan SIM selalu mengeluarkan hawa males bagi kebanyakan pengunjung. Kartu ATM yang paling enak untuk dibikin ulang, tinggal masuk ruangan ber AC, cit cat sana sini, tiba-tiba ATM baru sudah di tangan. Nah tersulit, tersukar dan teribet adalah kalau STNK Hilang, syarat pembuatan nya baru di baca saja sudah membayangkan adegan Perjalanan ala Journey to The West Biksu Tong Sam Cong dan Kera Sakti. Selain sangat menyedot waktu dan tenaga, rupiah yang mengalir pun tak sedikit.

Berkaca dari berbagai musibah, keribetan dan kegaduhan akibat hilangnya Dompet beserta isinya, maka sekali lagi, mengingatkan untuk selalu menjaga dan menyimpan Dompet kita dengan tingkat keamanan full Maximum, bagaikan menjaga suatu dokumen negara super rahasia, menjaga pacar tercinta, menjaga barang tercinta , istri simpanan dan sebagainya. Jadikan Dompet kita layaknya item berharga setara berlian, emas, Tritium, adamantium hingga anti materi. Sedikit Tips berdasar pengalaman pribadi saya dalam dinamika kehilangan dompet dan menemukannya kembali :

  1. Taruhlah Kartu nama dengan alamat jelas dan nomor kontak yang dapat dihubungi, agar sewaktu waktu sang penemu dompet bersedia mengantarkan atau menghubungi anda. Dahulu ketika dompet saya jatuh di jalan, selang setengah jam ada telepon tak dikenal masuk, dan ternyata mengabarkan bahwa dia menemukan dompet saya dan minta ketemuan untuk mengembalikan. Bersyukur dan bahagia, orang tersebut benar2 sosok Urban Hero karena menolak hadiah terima kasih dari saya.
  2. Segera hilangi kebiasaan teledor, suka menaruh dompet sembarangan atau asal asal. Sadari dan kenali kebiasaan berbahaya ini, bila belum bisa diatasi, sebaiknya jangan menyimpan kartu atau surat berharga di dompet, simpan uang Cash secukupnya saja dan gunakan dompet murah saja.
  3. Segara menghubungi siapa saja, membuat info kehilangan dompet di jejaring online, sosial media, bila lebih dari 24 jam belum ada kabar, kunjungi Polres untuk membuat surat kehilangan, Siapkan mental, pikiran, tenaga, dana dan jangan lupa berdoa memohon petunjuk dari Allah SWT.
  4. Prevention is better than Cure, Mencegah dari hal hal tak dinginkan adalah tindakan terbaik yang wajib dibiasakan.

Comments

comments

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *