Jet Tempur Kowsar di Ejek tapi di kagumi

Kowsar
Kowsar tengah dicoba Presiden Iran – AL Jazeera

Kasamago.com — Rabu 22 Agustus 2018, Publik dirgantara dan militer dunia di ramai kan dengan peluncuran domestik light fighter / trainer jet terbaru AU Iran (IRIAF) bernama Kowsar (Kosar), buatan Iran Aviation Industries Organization (IAIO).

Tak ada yang terlalu istimewa pada Kowsar, karena dunia sudah mengetahui bentuk jet tempur tersebut jauh sebelum Iran membuat nya, Northop Grumman F5 Tiger II/ Freedom Fighter.

Terus Survive

Sejak berdiri sebagai Republik Islam dan menjadi musuh Barat (Amerika dan Israel), Iran telah menjadi korban Serangan non militer berupa embargo ekonomi dan sebagai nya.  Secara militer, Praktis Iran hanya mengandalkan Alutsista peninggalan era Syah (F14 Tomcat, F4 Phantom, Mirage F1), Rusia (MiG 29 Fulcrum, Su 25 Frogfoot), dan pesawat generasi ke 3 dari China (Chengdu F7).

Jet Tempur Kowsar

Kowsar hadir menjawab peningkatan kekuatan IRIAF akan Jet Tempur ringan dengan teknologi yang sesuai zaman. Kowsar dikembangkan melalui serangkaian proses R&D yang memakan waktu panjang. Di mulai dari upaya rekondisi F5 Tiger menjadi Arakashsh (1997) ,lalu berkembang mampu memodifikasi sendiri menjadi Saeqeh (2004) hingga lahir lah Kowsar yang lebih canggih dengan teknologi generasi 4.

Soal spesifikasi dan kemampuan Kowsar sudah cukup memadai sebagai kuda langit penjaga kedaulatan udara Iran, Asal bisa terbang, melacak, ,menembakan rudal modern, efisien, dan yang terpenting memakai produk buatan Sendiri , mandiri, berwibawa dan anti embargo !!.

Last.. Selamat untuk Industri militer Iran yang kian tangguh dalam kemandirian sehingga menjadi salah satu Negara berpengaruh di Timur Tengah. Belajar dari sepak terjang Iran dalam mewujudkan Indigineous Fighter nya, semoga Proyek IFX PT DI berakhir dalam keberhasilan. Amiin

Baca juga : YF23 Black Widow, masa depan AU Jepang?

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *