Kaplan, Tank pertama buatan Indonesia !!

Kaplan

Kasamago.com – –

Sesekali memilih judul lebay dan bombastis kayaknya wajar saja bahwa Indonesia ternyata telah mampu merancang Tank perang sendiri.

Tank tersebut adalah Kaplan, lahir dari Kolaborasi FNSS Turki dan PT Pindad Indonesia. Bermula dari model miniatur, kini Kaplan telah tampil dalam wujud sesungguhnya dalam IDEF 2017 Istanbul Turki.

About Kaplan

Kaplan adalah Tank ringan berdesain modern kekini kinian, tampangnya keren meski tak semacho tank kelas berat. Dalam static show, Kaplan menggunakan turret Cockeril 3105HP, berbeda dengan contoh miniaturnya di gelaran IndoDefence 2016 yang memakai turret CV-CT 105HP.

Kaplan menganut sistem modular seperti Tank Armata Rusia, dimana persenjataanya dapat dicustom sesuai kebutuhan pemakai. Jika terbukti, Turetnya dapat diganti dengan peluncur Rudal seperti StarTreak, Stinger, Buk M atau sistem pertahanan udara ala Pantsr S1 Rusia.

Selain dilengkapi meriam 105mm standar NATO, kelak Kaplan akan dilengkapi pula dengan CoAxial Gun, pelontar tabir asap, dan senapan mesin RCWS (Remote Controlled Weapon System).

Kaplan dan TNI

Kabar kemunculan Kaplan sebagai buah kerjasama antara Turki dan Indonesia tentu adalah sebuah kabar indah dan kebanggaan, Akhirnya negeri ini mampu merancang salah satu alutsista strategis matra darat.

Lengkap sudah, di udara ada proyek Jet Tempur KFX/IFX ,di laut ada proyek Kapal Selam, keduanya bekerja sama dengan Korea Selatan.

Semua tentu mengharapkan, finalisasi dari program pemenuhan kekuatan minimum (MEF) TNI adalah mampu memproduksi sendiri Alutsista strategis. Mari berikan doa dan kepercayaan pada Industri – Industri strategis nasional guna mewujudkan nnya.

Kemandirian akan memberikan Prestige dan wibawa tersendiri bagi suatu bangsa dan negara di mata dunia.

Jika kelak Tank Kaplan telah mampu diproduksi seutuhnya oleh PT Pindad terlepas dari kerjasama FNSS Turki

Kita menanti Tank Kaplan versi PT Pindad Indonesia, apakah berbeda spesifikasi dengan versi FNSS ? kira-kira Tank Ringan ini akan diberi nama apa oleh Pindad ?

Merujuk Panser produksi Pindad yang seluruhnya diberi nama Hewan endemik nusantara, pasti nama untuk Kaplan Pindad tak akan jauh dari itu, Bisa Kelabang, Tapir, Nggarangan, Landak atau Wirog.

Semoga pengembangan Kaplan dapat berjalan lancar dan segera full operasional.

Keren bila nantinya, Tank Kaplan versi Pindad mampu digunakan oleh segala matra: dilempar dari Pesawat dalam operasi Linud, didorong dari kapal dalam operasi amfibi, dan dideploy secara kilat dalam sebuah operasi darat.

Last.. Sukses untuk Kaplan, harapan memiliki Tank pertama buatan lokal ada padamu.

*All copyrights of Images belong to their respective owners.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *