Kejatuhan Cecak, diantara Mitos dan Logika

Kasamago.com – – Pasca berkumandang Adzan Maghrib dan Warna langit mulai menghitam meninggalkan nuansa remang-remang senjakala, Tanpa adegan Slow Motion, tiba-tiba Punggung saya dikejutkan oleh seekor cicak yang Free Fall tanpa Parasut dari dinding tembok atas.

Alamaaakkk…!! hati saya bergetar, untungnya bulu kuduk tak merinding tak pikiran menjadi penuh nuansa horor. Berdasarkan mitos masyarakat Jawa, Ketiban (Kejatuhan) Cecak adalah pertanda bahwa orang yang kejatuhan tersebut akan mengalami musibah dan lebih ngerinya lagi bila menyebut kata Kematian. Wow !! benarkan Para Grim Reaper mengutus para cicak untuk jatuh di tubuh orang sebagai tanda bahwa orang tersebut menjadi target mereka selanjutnya?? Saya berada diambang fatamorgana, antara ilusi atau kenyataan, sejenak membayangkan mitos ngeri kejatuhan Cicak, untung saja mesin Logika bangkit bekerja sebelum mesin mitos bekerja berlebihan.

Duel dashyat antara mesin Mitos dan Mesin Logika berlangsung dalam medan Pikiran saya, hasilnya absurd. Siapa pemenangnya masih belum dipastikan karena wasit memutuskan pertandingan berakhir Draw. Sekali lagi mencuat pertanyaan, Benarkah itu pertanda saya akan mengalami bencana?? dan Benarkah itu hanyalah ilusi belaka?? Persepsi Belaka?? Allahualam, I Don’t know, Iam Confused.

Jika saya memutuskan bahwa ini hanyalah sugesti, persepsi ataupun ilusi, maka solusi yang harus saya tempuh adalah harus wajib tidak mempercayai pertanda kejatuhan cicak ini, wajib dan harus. Buang jauh-jauh persepsi buruk yang ada. Namun jika saya ternyata tetap mempercayai keyakinan ini, maka terpaksa Saya harus berserah diri pada-NYA, berdoa dan berdoa, beribadah, meningkatkan amal dan taqwa, bekerja dan bersedekah bagaikan esok adalah hari terakhir.

Last, memang sulit memupuskan atau menghilang mitos yang telah berkumandang berpuluh-puluh tahun lamanya, percaya tidak percaya semua kembali pada diri kita. Kehidupan kita dari lahir hingga pasca lahir, semua telah ditentukan oleh Sang Maha Kuasa. Dan melalui tulisan singkat ini, dengan niat tulus dan kuat saya lebih memilih opsi Kedua serta anggap saja Kejatuhan cicak justru pertanda akan mendapat berkah, rejeki, dan hal positif lainnya. Amiiinnn…

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *