Kesatuan Gurita (Octopus Squad) TNI AL, Sebuah Misteri

Kesatuan Gurita

Kasamago.com – – Di Tanah air tercinta Republik Indonesia keberadaan Pasukan Khusus dalam tubuh Militer adalah sebuah legenda dan kebanggaan tersendiri. Mereka telah mengabdi pada Ibu Pertiwi demi mempertahankan keutuhan dan kedaulatan Bangsa.

Dalam kekuatan TNI, setiap Matra memiliki Pasukan Khususnya masing-masing,masing, yang paling Terkenal di rekam telinga Masyarakat adalah Kopassus, Tontaipur, Raider TNI AD, selain itu ada Kopaska, Taifib, Denjaka milik TNI AL , Paskhas dan Bravo dari TNI AL. Dari pihak Kepolisian pun tak ketinggalan memiliki Special Force nya, Gegana dan Densus 88.

Akan tetapi jauh dari ketenaran para pasukan khusus diatas, masih ada lagi Pasukan Khusus milik Angkatan Bersenjata Negeri ini yang hening dari publisitas, seolah terselubung tirai misteri karena keberadaannya tidak di ekpose untuk konsumsi publik. Apapun itu bila suatu kekuatan dirahasiakan keberadaannya, tentulah kekuatan itu sangat luar biasa, memiliki kemampuan yang tiada tara, Misi super khusus yang sangat amat penting sehingga setiap aksinya perlu mendapat perlindungan dari keramaian publik. Pasukan super misterisu ini dikenal sebagai Kesatuan Gurita (Octopus Squad).

Kesatuan Gurita (Octopus Squad)

Salah satu Pasukan khusus yang sangat minim Publikasi tidak seperti pasukan khusus lainnya. Kerahasiaan luar biasa yang diemban pasukan ini berarti menandakan bahwa Pasukan Gurita adalah bagian dari Rahasia Pertahanan Negara. Dari Informasi terbatas yang ada di media, Kesatuan Gurita adalah bagian dari TNI AL. Bermarkas di Jakarta, serta didirikan sekitar tahun 1982. Memiliki tugas utama sebagai Kontra Terorisme terhadap pembajakan di Kapal Tanker dan instalasi minyak lepas pantai.

Tetapi dengan kemisteriusan, Kesatuan Gurita jelas tidak hanya melakukan peran Kontra terorisme di atas, pasti ada sesuatu tugas yang sangat strategis, berbahaya dan menimbul dampak yang luar biasa. Dari Informasi imajiner di dunia maya, Konon Kesatuan Gurita telah beroperasi sejak jaman Perang Trikora. Memiliki keahlian khusus di bidang sabotase Kapal Destroyer dan Kapal Selam Lawan, serta mampu mengambil alih Kapal Selam lawan baik untuk digunakan sendiri ataupun dihancurkan.

Jika benar demikian, pantaslah dengan tugas yang demikian mustahil dilakukan unit khusus biasa, Kesatuan Gurita layak untuk tidak dipublikasikan. Tentu semua demi menjaga kepentingan Pertahanan Negara. Dari sisi pelatihan dan operasional, Octopus Squad sangat menerapkan kerahasiaan total. Konon kehidupannya di Isolasi total, baik dari Keluarga maupun Kesatuan asalnya. Octopus Squad terdiri dari sekitar 250 personil (Estimasi), sebagian besar berasal dari Marinir TNI AL yang terpilih dari seleksi khusus. Selain itu setiap menjalankan misi, ditubuh anggota Octopus Squad ditanam implant khusus untuk memantau pergerakan setiap anggota agar sepenuhnya dapat terpantau.

Kerahasiaan Pasukan Gurita benar-benar layaknya aktivitas para agen intelejen tingkat tinggi. Aksi nya jelas sangat tertutup rapat tetapi keberhasilan maupun kegagalan operasinya mungkin dapat publik rasakan. Pola inilah yang patut dicermati bila ingin mengorek lebih lanjut tentang sepak terjang pasukan misterius. Blessing in Disguise, setiap keberhasilan operasi Militer di matra laut bisa jadi ada tangan-tangan Octopus Squad didalamnya yang sengaja luput dari intaian publikasi.

Salut dan bangga akan Kesatuan Super Rahasia ini, mental dan ketabahan yang luar biasa jelas sangat terpatri dalam anggota Pasukan Gurita. Isolasi diri, kerahasiaan, Misi Hidup dan Mati. Seperti moto para Kstaria Bawah laut Hiu Kencana. Wira Ananta Rudhiro, Tabah sampai Akhir.

Comments

comments

12 Comments
    • kasamago
    • kasamago

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *