Kimi no Nawa, Kisah romantis terbaru dari Makoto Shinkai

Kasamago.com – – Anjiir…, Makoto Shinkai memang sinting keren nya. Jika sang maestro Hayao miyazaki piawai mengobrak abrik imajinasi penonton nya untuk berfantasia ria maka Shinkai sangat lihai untuk mengocok haru biru perasaan pemirsanya dalam bingkai drama romantis.

Bagi penyuka anime Jepang siapa yang tak mengenal sosok animator super berbakat Makoto Shinkai. Saya baru mengetahui sosok dan karyanya ketika short movie berjudul Hoshi no Koe menggegerkan dunia animasi Jepang. Hoshi no koe adalah animasi yang dibuat oleh satu atau dua orang saja dengan kualitas jempolan, menampar para studio animasi yang menggunakan banyak tenaga kerja. Sontak, nama Makoto Shinkai mencuat dan beliau pun akhirnya mendirikan studio animasi CoMix Wave.

Setelahnya, Karya Makoto shinkai terus dinanti dan diburu para penggemarnya. Setelah sukses besar dengan movie 5cm /second (2007) , Children Who Chase Lost Voices (2011) dan Kotonoha no niwa (Garden of Words) di tahun 2013 lalu akhirnya Shinkai mengobati rasa haus penggemarnya di tahun 2016 dengan movie Kimi no Nawa (your name) yang dirilis pada 3 July 2016 lalu bekerjasama dengan TOHO dan Kadokawa.

Dan lagi lagi saya terlambat untuk menontonnya..

Kimi no Nawa

Permisi, Apakah kita pernah bertemu?
Aku rasa aku juga

Nama mu.. ???

Adegan percakapan singkat diakhir film ini diatas bakal sulit untuk dilupakan. Sentuhan Shinkai sangat ampuh menancapkan kesan mendalam bagi pemirsanya dan memahami apa arti dari judulnya. Your Name

Diparuh awal film nya. Saya merasa plot nya sedikit atau malah mirip dengan film barat yang berkisah tentang Pria dan Wanita yang saling bertukar jiwa. Entah apa judulnya, lupa..

Tapi siapa sangka. Dugaan saya salah besar, memasuki inti cerita Kimo no Niwa ternyata nenyuguhkan kisah romantis original yang tak hanyA saling bertukar jiwa tapi juga ada unsur Perjalanan waktu.

The Story

takidanmitsuha

Disebah kota pedesaan yang mengelilingi danau bernama Itomori, Perfektur Gifu, tersebutlah seorang gadis SMA bernama Mitsuha Miyamizu (seiyuu: Mone Kamishiraishi) yang mengalami kejadian aneh. Dirinya nerasa jiwanya tertukar dengan seorang laki laki di Tokyo bernana Taki Tachibana (seiyuu: Ryunosuke Kamiki), dan seolah keduanya dihubungkan oleh semacam lompatan waktu.

Bahkan mereka dapat saling berinteraksi melalui smartphone nya dan dialam mimpi, ketika bangun mereka nendapati bukti bahwa nereka terloneksi secara ajaib, merasa saling mengenal meski tidak saling kenal

Fenomena ini berlangsung selama dua minggu sebelum akhirnya berhenti sendiri. Berdasarkan gambaran Kota Itomori dari mimpinya, Taki memutuskan pergi ke Itomori bersama kedua teman nya untuk menemui Mitsuha.

Kekagetan menghampiri Taki, Itomori luluh lantak dihantam pecahan komet tiga tahun lalu, ketika mengecek daftar korban di perpustakaan nama Mitsuha ada didalam, tersentak, sedih dan adegan ini begitu mengobrak abrik emosi penonton.

Namun keajaiban kembali hadir, Taki seolah mampu menembus jiwa mitsuha  sesaat sebelum itomori dihantam komet untuk mengingatkan penduduk itomori akan bencana komet.

Upaya Mitsuha mengingatkan penduduk dan mengevakuasinya ke SMU Itomori menuai banyak tantangan. Waktu kembali bergeser saat seantero Jepang memberitakan jatuhnya Komet bernama Tiamat dan pecahannya yang diluar dugaan menghantam Itomori. Taki saat itu pun turut nenyaksikan jatuhnya komet dari atap Apartemennya di Tokyo.

Usaha Taki mengingatkan Mitsuha melalui Keajaiban waktu berhasil, dalam berita sesudah Impact komet, penduduk Itomori selamat karena mengungsi di SMA Itomori yang aman dari hempasan Komet.

8 Tahun berlalu atau 5 Tahun pasca Taki mengalami fenomena aneh bersama Mitsuha. Taki dan teman2nya telah beranjak Dewasa dan sedang mencari pekerjaan. Dalam perjalanan Pulang, Taki merasa Mitsuha ada disekitarnya. Benar saja, Taki dan Mitsuha bertatapan dari jendela dua kereta yang berbeda. Merasa Kenal tapi tak Kenal, kisah cinta yang diramu melalui fenomena waktu yang ajaib. Taki dan Mitsuha saling berlari mencari satu sama lain sebelum akhirnya bertemu dan mengucapkan, Kami no Nawa e wa??

Last, Jika yang belum nonton segera rasakan jalinan kisahnya yang begitu gila keren nya. The best anime movie 2016 pokoknya. Mungkin review singkat diatas dari saya kurang tepat menjelaskan kisahnya. Yang jelas, jaminan nama sekaliber Makoto Shinkai menjadi bukti bahwa ini adalah anime movie yang luar biasa untuk tidak dilewatkan.

Tidak hanya kualitas animasinya, story nya tetapi juga musiknya yang begitu indah membaur bersama kisahnya, performance dari band RADWIMPS yang mirip Bump of Chicken begitu indah dinikmati. Oia, bagi kalian yang ingin mengetahui set lokasi nyata di Jepang yang digunakan dalam film Kimi no Niwa, lihat DISINI.

Skor : 4.8/5

Comments

comments

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *