Kisah Misteri Kapal Selam Induk Russia: Typhoon Aircraft Carrier

Kasamago.com – – Uni Soviet atau sekarang berbenah menjadi Federasi Russia adalah salah satu negara yang terkenal dengan proyek militernya yang ambisius, megah dan unik. Tupolev 144, Su-47 berkut, Ekranoplan, MiG 144 dan kapal selam pembawa jet tempur (Underwater Aircraft Carrier) berplatform kapal selam nuklir project 941, Typhoon atau Akula.

Entah bisa dipercaya atau tidak, sebuah khayalan atau kah sebuah misteri tersendiri yang bahkan rakyat Russia sendiri tidak tahu (Top Secret). Berawal dari adanya gambar mock up atau model kapal selam carrier Russia di Instagram, dan setelah disearching di Internet terdapat screenshoot Majalah New York Times edisi 5 December 2015 yang menjadikan gambar model kapal selam carrier ini sebagai Headline nya.

Berjudul cukup provokatif “Rogue Soviet SuperSub detected in Pacifif”, Apakah ini sebatas konsep atau sudah pernah diproduksi? Pertanyaan ini ternyata menghantui Koran NYT untuk membuktikanya pula.

Sebuah Model Khayalan atau bukan?

Model kapal selam carrier Russia ini terbilang sangat mendetail, dan cukup masuk akal. Dengan memakai varian sukhoi kapal induk, Su-33 lengkap dengan bagasi penyimpanan, 4 buah mesin turbopropeller, dan sistem pertahanan udara nya. Kedetailannya memberikan sedikit rasa percaya bahwa model ini dirakit dengan begitu masuk akal, sehingga kemungkinan bukanlah konsep semata, melainkan pernah dibuat prototype nya.

Konsep kapal selam Induk (Submarine Carrier / Underwater Aircraft Carrier ) bukanlah hal luar biasa lagi. Pada perang dunia ke 2, Angkatan Laut Jepang telah mengoperasikan Kapal Induk I-400 Sentoku Class yang mampu mengangkut dan menerbangkan Pesawat tempur Aichi M6A Seiran. Dengan armada laut super canggih ini, di awal Perang Dunia ke II front Pasifik, Jepang begitu digdaya menguasai Pasifik setelah sebelumnya berhasil membom markas penguasa pasifik, Pearl Harbour.

Nyata atau Fiksi

Dengan bodi nya yang begitu raksasa, pantas bila Kapal selam bongsor Russia ini meraih julukan kapal selam terbesar di Dunia. Punggungnya yang lebar dan panjang, sangat menarik untuk dimodifikasi menjadi suatu landasan pacu bagi pesawat tempur. Tinggal bagaimana para insinyur Russia membuatnya tetap mampu beroperasional layaknya Kapal Selam normal.

Melihat sejarah teknologi militer Russia yang panjang, tentu tidak begitu sulit mewujudkannya namun setelah Uni Soviet bubar, sepertinya banyak sekali proyek proyek ambisius yang harus gulung tikar. Salah satunya bisa jadi Typhoon Submarine Carrier.

Last, tanpa ada konfirmasi dari Russia atau penampakan langsung Kapal selam induknya, Typhoon Submarine Carrier tetaplah sebuah Misteri berbau mitos dan berasa fiksi. Tetapi jauh diluar sana, siapa tahu sang Suksesor Russia, Presiden Putin memberikan sinyal hijau untuk menghidupkan proyek Kapal selam induk ini. Jika benar, maka seluruh samudera berpotensi menjadi ladang dominasi Angkatan Laut Russia.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *