KungFu Panda 3, Petualangan terakhir Po?

Kasamago.com | Semenjak seri pertamanya dirilis pada 2008 silam, PO, karakter Panda Enerjik, Kocak dan Jago Kungfu ini langsung mendapat tempat dihati penggemar animasi 3D, kepopulerannya bersanding dengan animasi buatan Dreamworks yang lain seperti ICE AGE dan SHREK. Saking populernya (baca: Menguntungkan), Kungfu Panda kini merangsek ke Sekuel ketiga nya.

Ada yang spesial dan unik dari Kungfu Panda 3, bukan karena tokoh PO, Guru Shifu dan teman-temannya yang tergabung dalam grup Furious Five melainkan sekitar seminggu sebelum Kungfu Panda 3 resmi tayang di Bioskop, Saya telah menonton versi Donlotannya dalam kualitas semi BluRay !! Wah bocor dashyat nih, gumam saya, bakalan batal dirilis di Bioskop karena bajakannya sudah mbrojol duluan seperti kasus Stand By Me nya Doraemon.

Tetapi dugaan Saya keliru, Kungfu Panda 3 tetap tayang di Bioskop dan tetap ramai dipadati pengunjung Semua Umur dari Bayi sampai Eyang Kakung dateng semua. Inilah keunikannya, Seumur hidup baru kali ini Saya nonton film dua kali di Bioskop, Nonton versi Bajakannya dulu baru Bioskopnya. Super Kebalik bukan??? Lha kenapa tetap nonton? Dewi Athena, atasan sekaligus pujaan hati saya memaksa untuk menemaninya nonton Kungfu Panda 3, sebagai Prajurit Saint Perunggu sangat sulit menolak atasan Athena,  sang Dewi Perang.

The Story

Hmm.. tak ada yang terlalu berkesan atau monumental di seri ketiga Kungfu Panda. Berbulan bulan sebelumnya, para calon penonton telah rutin dipapar Trailernya yang menceritakan tentang pertemuan kembali PO dengan Bapak Kandungnya. Dari penggalan adegan ini, tentu sudah ditebak plot inti Kungfu Panda 3 yakni bertemu nya kembali PO dengan saudara-saudara Panda nya. Clue di Kungfu Panda 2 yang menceritakan para Panda belum punah mereka masih hidup disuatu tempat rahasia.

Musuh utama PO ‘The Dragon Warrior’ kali ini adalah KAI yang berjuluk The Collector karena kemampuannya menyedot Chi semua jago Kung Fu menjadi sebuah hiasan giok. Kai yang dulunya dikurung di dunia Arwah oleh Master Oogway berhasil meloloskan diri setelah menyerap Chi Oogway. Di Dunia, KAI sangat berambisi untuk menaklukan seluruh Master Kung Fu dan terutama PO sebagai murid penerus Oogway.

Master Shifu dan Furious Five (Tigress, Crane, Mantis, Monkey, Viper) kewalahan menghadapi KAI, hanya Tigress yang selamat. The Only Way mengalahkan KAI adalah membangkitkan Chi pada diri PO sebagai titisan Master Chi. Sebelum KAI menyerang Kuil Giok, PO dan Ayahnya telah pergi menuju Tempat Rahasia para Panda untuk belajar chi. Tigress kemudian bergegas menyusul PO untuk mengingatkan nya bahwa KAI sedang memburunya. Keadaan genting ini kemudianmembantu menemukan jawaban “Siapakah Aku?” PO yang telah dipercaya master Shifu untuk menjadi Pengajar Kung Fu akhirnya menunjukkan takdir nya sebagai Pendekar Kungfu Sejati.

The Last

PO yang telah meningkat statusnya sebagai seorang Master bahkan lebih sakti dari master Shifu sekalipun,setelah resmi mendapatkan kekuatan chi dan tongkat dari master Oogway bisa dikatakan menjadi pangkat tertinggi yang diraih PO sebagai pendekar Naga. Nah, dengan diraihnya pangkat tertinggi, dapat berarti petualangan PO telah berakhir??

Dari segi cerita, sepertinya sudah tidak ada lagi lawan yang sanggup mengalahkan PO. Berakhir tidaknya seri Kungfu Panda sepertinya menanti hasil akhir dari pendapatan film nya. Jika sukses tentu Dreamworks tak ragu lagi membuat spin off atau bahkan perpanjangan ceritanya yang mungkin akan terasa dipaksakan.

akhir kata, Kungfu Panda 3 sukses menjadi penyambung cerita sekuel sebelumnya dan membuka tabir misteri tentang para Panda yang dianggap punah. Selain itu, PO dipertemukan dengan calon pujaan hatinya, Panda cewe bernama Mei Mei. Kekurangan dari Kungfu Panda 3 mungkin kadar lucu nya lebih rendah dari seri sebelumnya, tetapi hal ini dapat ditutupi berkat Theme Song nya yang indah hasil gubahan Hans Zimmer serta lagu penutup berjudul TRY – Patrick Brasca feat Jay Chou yang sukses membuat telinga berdendang.

Skor : 4.0/5

Comments

comments

4 Comments
    • kasamago

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *