Love Letter : Membalikan Kisah dengan sudut pandang baru

Kasamago.com – – Sebagai orang dengan karakter sulit move on dari sejarah, tak hanya doyan menjaga dan merawat barang-barang dari jaman bocah hingga selesai Kuliah tetapi juga menikmati beberapa hal yang berbau sejarah, baik nasional maupun mancanegara.

Love Letter, sebuah film Jepang yang rilis di tahun 1995 silam telah sanggup membius saya untuk menyalakan mesin waktu dan membawa saya merasakan aura tahun 1995 dengan begitu fantastis. Siapa sangka, film lawas yang seharusnya wajib saya tonton sebelum melahap Heavenly Forest /Tada, Kimi wo Aishiteru (2006) . Penasaran dengan review Love Letter di Blog Yusahrizal  tentang “Perspektif Baru” saya lantas segera memburu dan menontonnya sekilat mungkin. Damn !!! Nyesel saya, Love Letter adalah film Jepang luar biasa keren yang gagal saya tangkap dalam daftar wajib menonton.

The Story

Kisah dibuka dengan upacara pemakaman Fujii Itsuki, tunangan dari Watanabe Hiroko yang meninggal akibat kecelakaan dalam pendakian gunung. Latar berada di kota Kobe, Perfektur Hyogo. Hiroko belum bisa move on sehingga menulis surat ke alamat Fujii Itsuki ketika bersekolah (SMP) di kota Otaru, Perfektur Hyogo, berjarak ribuan kilometer dari Kobe. Tak disangkat, Surat nya berbalas, dari sinilah inti kisah bergulir. Saling membalas Surat terjadi, Hiroko mengetahui Fujii Itsuki ada dua, Tunangannya (laki Laki) dan Fujii Itsuki (perempuan) teman masa SMP tunangannya. Disisi lain Akiba, teman Itsuki mendorong Hiroko untuk lepas dari bayangan Itsuki karena dia ternyat menyukai Hiroko.

Perspektif Baru

Fujii Itsuki (Perempuan) membagikan kenangannya tentang Fujii Itsuki (laki laki) semasa SMP pada Hiroko, dari sinilah serpihan Perspektif Baru terbentuk. Penonton yang sedari awal menganggap Plot cerita adalah usaha Hiroko mengenang tunangannya berubah drastis menjadi apa yang disebut Perpektif Baru, setidaknya menurut saya pribadi.

Pelan namun Pasti, kenangan yang diberikan Fujii Itsuki (perempuan) pada Hiroko, malah membuka tabir hubungan masa SMP antara kedua Fujiii Itsuki kepada penonton. Ini dia !! Ketika mengunjungi perpustakaan SMP nya untuk bernostalgia, Itsuki (perempuan) bertemu dengan rombongan cewe SMP yang bertugas menjaga Perpustakaan tersebut.

Dari rombongan cewe SMP inilah, Itsuki (Perempuan) sadar bahwa Itsuki (Laki laki) ternyata menaruh cinta padanya. Hiroko pun demikian, rasanya kenangan tentang Itsuki (laki laki) yang disharing oleh Itsuki (perempuan) sebenarnya ditunjukan untuk Itsuki (perempuan) sendiri, bukan Hiroko.

Momen menarik adalah ketika Hiroko bercerita, bukan Itsuki yang melamarnya tetapi dirinya. Dari sinilah mulai terkuak, Itsuki (laki laki) masih menyimpan cinta pertamanya pada Itsuki (perempuan). Adegan paling membobol mimisan air mata adalah saat Itsuki (perempuan) diberitahu rombongan cewe SMP dari perpustakaan perihal ada pesan tersembunyi dari Itsuki (laki-laki) pada diri nya ketika SMP dulu.

Last, jujur saja, yang paling mengangetkan saya adalah menyaksikan aktor Itsuki (laki laki) di masa SMP yang ternyata diperankan oleh Takashi kashiwabara sang pemeran Naoki dalam serial tv Jepang legendaris, Itazura na Kiss !! dan lagi lagi saya terlambat, di luar sana sudah banyak blogger yang membahas love letter yang menjadi salah satu the Best Japanese Movies !

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *