Meikarta, Bukan Benteng bukan Ibukota

Kasamago.com – –

Kontroversi dan Eksklusif, itulah dua kata yang menggambar sebuah calon Kota modern masa depan yang dibangun oleh Konglomerat Swasta.

Perumahan terbesar di dunia, saya menjulukinya demikian. Karena bentang luasnya sudah seperti Kota Besar di Indonesia pada umumnya. Berlokasi daerah strategis Cikarang Jawabarat yang dekat dengan Ibukota dan bagian dari wilayah Industri utama nasional. Kota beranggaran 278 Triliun ini terasa begitu dashyat, iklan dan promonya pun kian gencar ditayangkan.

Kontroversi

Di berbagai media, diberitakan bahwa Meikarta belum mengantongi legalitas, dari Ijin Lingkungan (Amdal), Ijin Bangunan, dan lainnya. Disisi lain muncul resitensi dari berbagai pihak yang mencurigai Proyek Meikarta seperti membangun negara di dalam negara.

Penggunaan nama Meikarta sendiri kurang memiliki aroma khas nama Nusantara, sehingga dianggap bertendesi eksklusif pada satu golongan masyarakat saja.

Eksklusif

Meski menuai Kontroversi, pembangunan Meikarta seolah tak menemui hambatan. Berkaca pada iklan televisinya, “seorang anak didalam mobil yang memandang suasana kota yang berantakan, kelam dan mencekam sembari membayangkan dapat tinggal dikota impian yang damai dan aman”.

Dari Gambaran tersebut saya membayangkan ELYSIUM (2013)judul film sekaligus nama Kota di luar orbit bumi dimana hanya orang kaya, berkuasa dan pilihan lah yang dapat tinggal di kota Idaman umat manusia itu. Di Kota ini segalanya tersedia dengan baik dan tertata, Infrastruktur, Pangan, Sandang, Transportasi, Layanan Publik.

Penduduk bumi yang sebagian besar miskin dan terpinggirkan hanya memandang Elysium sebagai Kahyangan atau Olympus, tempat tinggal para Dewa. Keadaan ini seolah mengusik rasa kemanusiaan kita, Nyamankah kita melihat keadaan yang begitu ironis, dan penuh jurang kesenjangan?? Saya Harap Meikarta tidak menjelma menjadi Benteng di tengah ilalang atau menjadi Ibu Kota bagi segelintir Pihak.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *