Menebak Ujung drama E-KTP

Pic by TribunNews

Kasamago.com – – Mau sampai kapan Drama E-KTP ini berakhir? Itulah pertanyaan dari lubuk hati yang terdangkal. KTP adalah item super berharga dan maha penting sebagai sebuah identitas ,jatidiri suatu penduduk seharusnya diperlakukan dengan begitu hati-hati, profesional dan kredibel.

Disaat dapetin KTP baru susah, eh ini malah tercecer dijalanan, Saya sendiri, sudah setahun mengajukan E-KTP baru karena perubahan data sampai sekarang masih pegang SUKET E-KTP yang ga mungkin muat masuk Dompet.

Tragedi dan Isu E-KTP

MegaProyek E-KTP memulai proses Tender pada 2010 (Sub Kontraktor : Biomorf), dan proses perekaman pada 2011. Semua berjalan normal hingga tibalah masalah macet dan lambat nya pembuatan E-KTP baru. Sejak itulah sederetan Isu Negatif terkait E-KTP muncul bak air hujan, dan berikut daftar nya :
1. Munculnya KTP ganda, satu orang bisa memiliki KTP lebih dari satu.
2. Distribusi Blangko E-KTP terus bermasalah sehingga pembuatan EKTP baru tersendat.
3. Beredar info bahwa Server Data Base E-KTP berada di Singapura
4. Kasus Korupsi eKTP meledak, mencAtut Pejabat elit dan tinggi Republik.
5. Beredar Foto WNA memiliki EKTP, dan hal ini belum diusut tuntas.
6. Isu hilang nya 72 juta blangko eKTP yang belum mendapat perhatian.
7. Di kota bekasi ditemukan 45ribu duplikat ktp ,maka didaerah lain tidak menutup kemungkinan juga terjadi.
8. Isu adanya pengiriman ratusan hingga jutaan ekTP Aspal dari Kamboja.
9. dua dus KTP tercecer di daerah Bogor, anehnya pemilik KTP berlokasi di Sumatra Selatan.

Ujung Drama E-KTP

Di tahun politik, kasus tercecernya E-KTP jelas bisa menuai polemik karena dianggap untuk mengail suara.
Pihak Pemerintah yang diwakili Pejabatnya pun berusaha menepis nya. EKTP dikatakan rusak, salah data, Sabotase Salah Prosedur dan sebagainya. Ruwet..

Menariknya, dalam suatu acara TV, Pejabat pemerintah sempat berujar tidak akan digunakan lagi, mendengar kata “LAGI” tak salah jika publik menaruh curiga bahwa E-KTP ganda atau Aspal pernah digunakan untuk tujuan tertentu?? Misteri..

Dalam dunia Pemilu, KTP adalah kunci emas. Syarat menjadi Pemilih dalam Pemilu dalam UU no 7 2017 Pasal 348, menjadi hanya cukup punya KTP. So, siapa saja bisa nyoblos di Pemilu Indonesia asal punya E-KTP.

Apapun hiruk pikir tentang KTP intinya adalah penyelenggaran pembuatan E-KTP sudah parah. Masalah data penduduk amatlah krusial, dan mengancam keamanan nasional jika disalah gunakan.

Last, sebaiknya TNI dapat turun tangan membantu Dindukcapil mengatasinya. Tuntaskan masalah blangko, Perbaiki sistem E-KTP yang terintegrasi betulan (Single Identity Number), BigData Center Maximum security di dalam negeri, dan aktifkan kembali masa berlaku 5 Tahun agar  perubahan data penduduk lebih terkontrol. Mungkin inilah Ujung Drama EKTP terbaik selain penuntasan korupsi E-KTP.

 

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *