Mengenal Bahaya Virus Zika

image : okezone.com – Inilah nyamuk Macan Asia, sangat berbahaya, biang keladi menularnya virus mematikan dunia

Kasamago.com – – Akhir Januari 2016 lalu public dunia dikejutkan dengan virus bernama ZIKA yang mewabah di daratan Amerika Latin. Angka bayi yang menderita Microphaly (Mikrosefali) melonjak drastis di beberapa Negara latin salah satunya Brasil. Virus Zika menular melalui gigitan nyamuk (genre Aedes Aegypti), nyamuk yang juga membawa penyakit chikungunya dan DBD.

Selain itu Virus Zika sangat membahayakan para Ibu Hamil, jika terinfeksi maka anak yang dikandungnya dapat mengalami kecacatan atau kelainan mikorsefali. Virus Zika juga konon dapat menular melalui hubungan badan (Seksual), namun hal ini masih harus di teliiti lebih lanjut. Sebelum melanda Negara dikawasan Amerika Latin, Virus Zika pernah mendarat di Amerika Serikat pada tahun 2008 dan Polinesia pada 2013.

Gejala Virus Zika sama seperti Chikungunya maupun DBD seperti Sakit Kepala, Flu Demam, Nyeri Sendi, dll sehingga seseorang yang mengalami gejala seperti ini perlu di periksa lebih lanjut apakah menderita DBD, Cikungunya atau Virus Zika.

Virus Zika pertama kali ditemukan pada 1947 dan pernah menjadi wabah di berbagai Negara seperti Afrika, Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik. Menyusul kemudian Amerika Tengah dan yang terkini, Amerika Selatan (Latin). Seperti yang telah disebutkan diatas, Nyamuk menjadi tersangka paling umum yang mengangkut Virus Zika, ada dua jenis nyamuk yakni Aedes Aegypti dan Nyamuk Aedes Albopictus yang dikenal sebagai Nyamuk Macan Asia dengan ciri Tubuh dan kakinya bergaris Putih.

Pencegahan Tertular Virus Zika melalui Nyamuk

Virus Zika ditularkan nyamuk pada jam-jam tertentu, kedua spesies nyamuk pengangkut Zika biasanya mengigit pada Siang dan Sore hari . Unutk mencegah Sang Nyamuk menyerang, gunakan kelambu saat tidur siang dan malam hari. Memakai AC di Kamar dan menyematkan jarring di jendela juga salah satu cara aktifitas Tidur kita terhindar dari serbuah Nyamuk pembawa Virus.

Orang yang tengah menderita penyakit DBD atau Chikungunya sangat rentan untuk terinfeksi Virus Zika, oleh karena itu wajib menerima perawatan intens di ruangan yang aman dari serbuan Nyamuk . Hingga kini, diberitakan belum ditemukan vaksin untuk Virus Zika, termasuk obat untuk menyembuhkannya. Cara yang paling ampuh ditempuh adalah pencegahan dini, salah satunya mengonsumsi banyak cairan yang bermanfaat meradakan Gejala umum Virus Zika.

Jika beraktivitas di lingkungan yang diketahui menyimpan ancaman gigitan nyamuk, segera gunakan Krim Anti nyamuk, Baju lengan panjang dan Celana Panjang.

Mencegah Lebih Mujarab dari pada mengobati karena Obat Virus Zika masih belum diketemukan.

Dari berbagai Sumber

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *