Mengenal BRT Trans Jateng Koridor I

BRT Trans Jateng
Jalur BRT Trans Jateng seluruh Koridor – pic by Sindonews

Kasamago.com — Sebelum menyempatkan diri untuk mencoba BRT Trans Jateng, alangkah berkah nya bila mengenal nya lebih dulu.

Akhirnya setelah rencana dan persiapan yang menyita waktu puluhan bulan, masyarakat di dua kabupaten sejoli, Banyumas – Purbalingga akan segera menikmati layanan transportasi publik terbaru ala kota kota besar di tanah air.

BRT Trans Jateng Koridor I

BRT Trans Jateng
Halte BRT Trans Jateng Purwokerto – pic by Satelitpost

Setelah persiapan SDM, Armada Bus, Operator dan Halte selesai maka pada Jumat 3 Agustus 2018 lalu. Di mulai uji coba dua unit BRT memasuki Terminal Bulu Pitu Purwokerto.

Total armada berjumlah 14 bus , dengan pembagian 7 dari Purbalingga dan 7 dari Purwokerto sehingga akan saling berpapasan saat beroperasi.

Soal desain, livery Bus ada dua, bermotif Batik Gua lawa Purbalingga dan Batik Kawung Banyumas.
Harga tiket BRT ada dua jenis. Rp 2000 untuk kalangan pelajar, mahasiswa, buruh dan veteran. Rp 4000 untuk umum.

Waktu Operasional BRT dimulai dari jam 05.00 hingga 19.00 WIB.
BRT diperkirakan full Operational pada akhir bulan Agustus mendatang sembari menanti kedatangan seluruh armada bus yang di pesan.

Sebuah awal

Perkembangan Kota Purwokerto yang kian masif sebagai kota pendidikan, wisata, kuliner dan bisnis mendorong pula ada inovasi baru di segmen Transportasi publik. BRT Trans Jateng menjadi start up, jika sambutan publik meluas maka mendorong semangat pembangunan koridor selanjutnya hingga tuntas sesuai harapan semua pihak.

Last.. berkaca pada program BRT, saya berharap pula ada pembenahan pada sistem transportasi Angkutan Kota (Angkot) Purwokerto yang hingga kini masih berstatus mati suri.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *