Mengenal Buff dan Cara mencuci nya

Kasamago.com – – Memasuki Tahun 2016, Masyarakat Indonesia kehadiran sebuah Benda yang dalam sekejap menjadi heboh alias laris manis karena sangat mudah menemukan masyarakat yang menggunakannya untuk aktifitas sehari hari di luar ruangan.  Benda ini selentur karet, seringan kain, selembut kapas, sedingin batu dan memiliki beragam corak warna yang eyecatching.

Buff, nama benda tersebut.

Memiliki beragam fungsi alias multiguna, Benda berbentuk pipa segi panjang berbahan Polyster Microfibre ini sangat bermanfaat menyerap keringat dan menahan hawa panas ketika beraktifitas di luar (Outdoor) dalam cuaca panas serta menahan hawa dingin ketika berada dalam kegelapan malam. Dari desain pipa segi panjang (silinder) Buff ini, dapat diaplikasikan dalam beragam style sesuai kebutuhan. Style pertama dan standar adalah model masker yang menutup hidung hingga leher, model ini yang paling jamak dan umum digunakan, biasanya bagi pekerja lapangan seperti wartawan, pengendara motor, aparat, proyek, Ninja, pendaki gunung, dan pesepeda. Selanjutnya dapat pula dibentuk seperti mukena, cocok bagi yang sedang menghadapi hawa dingin, Iket rambut/Bandana bagi perempuan, dll.

Awal mula sejarah Buff konon berasal dari Militer Angkatan Darat Amerika Serikat yang berlaga di medan Irak dan Afghanistan serta pasukan elit anti teror. Buff digunakan sebagai masker bagi para prajurit agar terhindar dari sergapan hawa panas, dingin dan debu di medan perang Timur Tengah, serta memberi kenyamanan dan perlindungan identitas (Wajah) bagi Pasukan Khusus Anti Teror. Sudah sering melihat di televisi, pasukan khusus umum nya menggunakan masker Buff saat berada dalam kondisi siap tempur (Full Gear).

Seringnya Buff digunakan di luar, tentu perlu dijadwal untuk mencucinya rutin agar terhindar dari bau apek dan kuman. Yang jadi pertanyaan, apakah buff dicuci layaknya kain biasa pada umum nya?? Berdasar kemasan Buff yang saya beli, terdapat beberapa lambang petunjuk pencucian yang dapat di Interpretasikan sebagai Berikut :

  1. Dapat di cuci dengan mesin cuci dengan temperatur 40 derajat celcius (kondisi hangat). Ditunjukan dengan lambang Mencuci Washing Wash, Warm
  2. Dilarang menggunakan cairan Pemutih (Bleach). Ditunjukan dengan lambang Mencuci Segitia Silang.
  3. Dilarang mencuci dengan cara atau alat DryCleaning. Ditunjukan dengan lambang Lingkaran di Silang.
  4. Dilarang di Setrika. Ditunjukan dengan lambang Setrika di Silang (do not Iron).
  5. Dilarang di keringkan secara manual, Jangan menggunakan mesin. Ditunjukan dengan lambang Lingkaran dalam Kotak yang tersilang.

Dan ada petunjuk perawatan lain yakni Thermal and Humidity. Jika kondisi Buff Lembab (Humidity) jemur dibawah terik matahari, tetapi jika kondisi Buff Panas/Kering cukup di angin angikan saja. Demikian sekelumit ringan petunjuk agar Buff kita terhindar dari kerusakan yang dapat dicegah, awet dan nyaman sepanjang tugas.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *