Mengenal F 21 India dan Konflik Kashmir terbaru

F-16
F-16 – the Aviationist

Kasamago.com –, Kabar menyejukan datang dari produsen jet tempur Amerika, Lockheed martin yang mengumumkan jet tempur terbaru bernama F-21. Versi “upgrade” dari jet tempur F-16 Fighting Falcon Blok 70/72 atau F16 Viper untuk Angkatan Udara (AU) India.

AU India yang tengah stuck menentukan jet tempur baru di antara F-18 Super Hornet, F-16, Gripen, Rafale, Eurofighter Tyhoon, dan Sukhoi akhirnya memecah kebuntuan dengan memilih F-21 Lockheed  Martin.

Perbedaan F21 dan F16

F-16 adalah jet tempur modern terlaris di dunia, berkiprah sejak tahun 70an, tentu sudah seharusnya di grounded. Namun Lockheed terus meng upgrade nya hingga blok terbaru yakni Blok 70. Kelebihan Blok 70 adalah struktur airframe yang tahan lebih dari 20.000 jam terbang dibanding blok sebelumnya yang hanya 8000 jam.

F-21 dilahirkan berdasarkan F-16 Blok 70 dengan banyak Perubahan drastis, selain struktur airframe nya yang lebih advance, Mesin yang lebih powerfull, F-21 dilengkapi kemampuan membawa Rudal AAM, AGM, Sensor dan Radar Modern, Display dan HUD baru plus Helmet Mounted Display layaknya F-35 Lightning II.

India juga mendapatkan license untuk memproduksi nya sendiri, berbeda dengan Mirage 2000 India yang di garap Hindustan Aeronautics Limited, kini F-21 diserahkan Lockheed pada perusahaan raksasa india, Tata Advance Systems.

Berapa harga dan bagaimana kemunculan wujud perdana nya?, kita tunggu saja..

Konflik Kashmir

Kashmir
India vs Pakistan – Zeenews.com

Dunia mengenal Kashmir sebagai Surga dunia yang diapit wilayah Pakistan, India, Tibet, Xinjiang, dan Tajikistan. Kashmir terbagi ke dalam tiga wilayah, yakni Jammu, Kashmir, dan Ladakh, Wilayah subur, dikelilingi sungai, lembah dan pegunungan indah. Konflik Khasmir sudah dimulai sejak tahun 1947, dikuasai oleh Tiga Negara, India menguasai 43 %, Pakistan 37 %, dan China 20 %.

Akar dari konflik ada dua, Khasmir ingin menjadi Negara sendiri dan Penduduk Khasmir yang mayoritas Islam terlihat bertendsi bergabung ke Pakistan.

Disaat Perang Suriah dan Kegaduhan Venezuela belum mereda, Dunia dikejutkan Perang terbatas antara militer India dan Pakistan.

Mig 21 Bison India vs F 16 Pakistan

Akhirnya Februari 2019, Saling Tembak Jatuh jet tempur terjadi diantara kedua negara. Pertama, F 16 Pakistan ditembak MiG 21 India dengan Rudal R-73, giliran sebaliknya, F 16 Pakistan membalas menembak jatuh MiG 21 India dengan rudal AMRAAM.

Di atas kertas, Militer India jauh lebih unggul dari Pakistan, namun keduanya memiliki arsenal Nuklir, membuat perbedaan kekuatan militer keduanya terasa berimbang.

Fans Militer tampaknya akan lebih senang andai pertempuran udara terjadi antara JF-17 Thunder Pakistan vs HAL Tejas India. at least, semoga kedua pihak dapat menahan diri agar Ekskalasi Konflik tidak meluas.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *