Mengenal Kelengkapan APD

APD
Hazmat Suit and Gas Mask – abc net

Kasamago.com – Pandemik Virus Corona (Covid 19) mengepung dunia saat ini, para tenaga medis menjadi garda kedepan menangangi pasien Corona, untuk itu diwajibkan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) agar tidak tertular atau terinfeksi virus. 

APD memiliki beberapa item yang saling melengkapi dan harus sesuai dengan standar yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), antara lain :

  1. Hazmat Suit, Pakaian yang menutupi seluruh badan, terbuat dari bahan yang kedap air dan udara sehingga menjadi pakaian keamanan wajib bagi para petugas dilapangan. Hazmat sendiri berarti Hazardous material, Baju ini akan selalu hadir jika ada suatu bencana terkait bakteri, virus, dan bahan berbahaya lainnya. Hazmat suit terbaik dan teraman umum nya digunakan oleh kalangan militer yang khusus menangani ancaman CRBN (Chemical, Radiological, Biological and Nuclear),
  2. Gloves ,Sarung tangan medis yang sangat steril, kedap air dan udara. umumnya terbuat dari bahan Latex. Jenis sarung tangan ada yang untuk sekali pakai (Disposal) maupun dipakau ilang (Reusable).
  3. Pelindung Mata (googles), Wajah menjadi area paling sensitif dalam penularan virus Corona, seperti mata, hidung, dan mulut. Pelindung wajah aman menghindari droplet ke area wajah.
  4. Respirator (masker), Melindungi pernapasan dari partikel kecil di udara yang mengandung virus maupun bahan berbahaya lainnya. Masker beragam bentuk dan manfaatnya, untuk penggunaan medis di rumah sakit biasanya menggunakan jenis N95,  untuk kalangan tertentu seperti militer, umumnya menggunakan jenis Gas Mask.

Baca juga : Virus Corona dan Langkah menyikapinya

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *