Mengenal Polisi di Indonesia selain POLRI

Kasamago.com — Polisi adalah badan atau organisasi yang bertugas untuk menjaga ketertiban, keamanan dan penegakan hukum diseluruh wilayah negara. Kepolisian adalah salah satu lembaga penting yang memainkan tugas utama sebagai penjaga keamanan, ketertiban dan penegakan hukum, sehingga lembaga kepolisian pasti lah ada di seluruh negara berdaulat. Namun selain polisi, ada pula lembaga polisi diluar Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) yang tugasnya berbeda dengan polisi pada umum nya, di Indonesia terdapat beberapa lembaga kepolisian tertentu dengan berbagai karateristik dan umumnya cakupan kerja nya lebih terbatas pada wilayah dan tugas tertentu.

POL PP

POLPP

Cicil Service Police Unit atau Polisi Pamong Praja, Keberadaannya telah ada sejak zaman kolonial dengan nama Besteuur Police, dibentuk untuk membantu tugas kepala daerah  dalam mengawal dan menegakan peraturan Kepala Daerah. Pembentukannya didasarkan akan kebutuhan sebuah polisi yang khusus mendukung tugas kepala daerah dalam ranah hukum, ketertiban, keamanan yang bersifat daerah, sehingga terpisah dari lembaga kepolisian yang bersifat nasional.

Pembinaan Pol PP dilakukan oleh Kementrian Dalam Negeri dan struktur Operasional disesuaikan antara UPT, Pemerintah Pusat dan Daerah. Sesuati aturan, Personil Pol PP adalah Pegawai Negeri Sipil, tetapi karena kebutuhan akan personil tak sebanding dengan kemampuan keuangan daerah, Pol PP merekut personil non PNS yang disebut dengan istilah Bantuan/Pembantu Polisi Pamong Praja.

Pol PP lebih aktif bertugas di daerah Perkotaan atau Urban, terutama menyangkut permasalahan PKL, pelanggaran reklame, dan bangunan liar. Sehingga Pol PP bagi sebagian publik identik dengan kekerasan akibat gesekan dilapangan menghadapi para pelanggar yang membandel.

Berdiri : Maret 1950
Logo : logo-satpol-pp
Warna Baret & Seragam : Hijau Keki & Hijau Keki / Krem
Senjata : Pol PP adalah satu satunya aparat dengan persenjataan terbanyak, terunik dan teraneh, mulai dari Stick, Ketapel, Tang Potong, Palu, Gejig, Rantai hingga Senjata Api, dll
Jumlah Personil : Tergantung kebutuhan & kemampuan tiap Daerah, namun umumnya berjumlah dibawah 500 personil termasuk bagian administrasi

POL HUT

Kaskus.co.id
Kaskus.co.id

Polisi Kehutanan Indonesia ,Adalah kepolisian yang bernaung dibawah kementrian kehutanan, dibentuk sebagai lembaga penegak hukum yang bertugas mengamankan, melindungi dan mengawasi hutan berikut ekosistemnya serta aktivitas yang berkaitan. Wilayah tugasnya yang berada di area kehutanan membuat Aktifitas Pol Hut jarang dikenal masyarakat. Pendidikan dan Latihan POL HUT dilaksanakan oleh Balai Diklat Kehutan dan Kepolisian.

Berdiri :  –
Logo : POLHUT-LOGO
Warna Baret & Seragam : Hijau / Hijau
Senjata : PM 1 A1, Ceska, Molot, dll
Jumlah Personil :  N/A

POLSUSPAS

Twitter.com
Twitter.com

Special Police Prison of Indonesia atau Kepolisian Khusus Pemasyarakatan (Lapas), Adalah polisi dibawah naungan Kementrian Hukum dan HAM yang bertugas sebagai penjaga para narapidana di lembaga pemasyarakatan (sipir). Sama seperti Pol Hut, wilayah tugasnya hanya berada di lingkup Lapas sehingga sosoknya sangat sulit terlihat publik kecuali berada didalam Lapas. Status Personilnya adalah Pegawai Negeri Sipil pada Kemenkumham.

Berdiri :  –
Logo : POLSUSPAS
Warna Baret & Seragam : Biru & Biru Langit / Biru Gelap
Senjata : Stick, Sten Gun, Senjata Api
Jumlah Personil :  N/A

POLSUSKA

Polisi Khusus Kereta Api, Adalah polisi milik PT Kereta Api yang bertugas menjaga kelancaran perjalanan kereta api dari gangguan keamanan dan lainnya. Sebelum membentuk Polsuska, PT KA memakai jasa aparat Kepolisian untuk pengamanan perjalanan KA. Polsuskan sempat dibubarkan kemudian dibentuk kembali seiring reformasi besar besaran ditubuh manajerial PT KA. Pelatihan dan Pendidikan POLSUSKA dilaksanakan oleh PT KA dan Kepolisian, kehadiran Polsuska telah memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi konsumen PT KA selama perjalanan.

Personil Polsuska adalah Pegawai PT KA baik yang pada umumnya sudah menjadi pegawai tetap.

Berdiri :   –
Logo :   –
Warna Baret & Seragam :  Orange & Hijau Keki / Biru Gelap
Senjata :  Stick, Sten Gun, Senjata Api
Jumlah Personil :   –

Air Marshal

Polisi udara, Polisi yang bertugas mengamankan perjalanan Pesawat dari saat lepas take off hingga landing. Di Indonesia sempat ada wacana untuk membentuk Air Marshal, namun disebagian besar negara, keberadaan Air Marshal sudah tidak efektif karena keamanan perjalanan udara kini lebih difokuskan dan dioptimalkan di tiap Air Port.

Comments

comments

One thought on “Mengenal Polisi di Indonesia selain POLRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *