Mengenang Kejayaan Rental Komik, game, wartel dan warnet

Kenangan

Kasamago.com – – Tanpa pertanda apapun, tiba tiba pikiran kembali mengenang masa masa suatu bisnis yang sempat menjamur dan berjaya, yakni Rental Komik, Game, Wartel dan Warnet.

Bagi kalangan generasi 90an atau Millenial, masa ini jelas tak mungkin di lupakan. Di mulai dari Rental Komik, bisnis ini terlihat merebak di awal 90an tatkala penerbit Elex Media rutin mengimport Komik Jepang (Manga).

Saya mulai aktif merental komik sejak jelas 4 SD, rental dekat rumah yang ada di perumahan. Masih teringat kuat saat saya meminjam komik Sailormoon (shojo) padahal teman2 pada pinjem Dragon Ball atau Kungfu Boy (Shonen), walhasil mbak2 penjaga rental senyam senyum.

Jaman SMP – SMA saya lebih doyan membeli komik, aktivitas rental pun terhenti dan baru pulih saat Kuliah. Tahun 2014 menjadi tahun terkahir saya mengunjungi rental, selain akibat rental sudah semakin redup akibat gempuran komik online, saya pun sudah jarang membaca komik lagi.

Selanjutnya Wartel, atau Warung Telepon, kenangan saya terhadap Wartel super singkat karena hanya 2 kali saya memakai jasa wartel. Wartel sempat berjaya di akhir 90an hingga sekitar tahun 2005.

Berikutnya Rental Game dan Warnet, dua tempat ini saling bertalian karena masa aktifitas bersamaan. Saya mulai doyan pinjam CD/DVD Game di awal perkuliahan, begitu juga dengan Warnet (ngeNet). Semester 1 hingga 5 saya masih menikmati banyak waktu luang, hal ini dimanfaatkan saya untuk ngegame dan ngenet “sak mblengere”.

Seiring munculnya Android dan sudah marak penggunaan smartphone, lambat laut Aktifitas ngerental game kian surut, apalagi Warnet. Pasca Telkom Speedy/Indihome terpasang praktis ke Warnet jika ada trouble saja. Awal 2000 hingga 2011 tercatat sebagai masa emas Rental Game dan Warnet.

Last, bisnis memang bak putaran roda apalagi bidang teknologi, sangat cepat perkembangannya, yang tak mampu bersaing akan tenggelam terkikis ombak perubahan. Semenjak Internet hadir, Smartphone menjadi gadget umum, dan akses internet semakin mudah, inilah masa kelam bagi Rental Komik, Game, Wartel dan Warnet. Bersyukur bagi generasi 90an, mereka sempat merasakan kemeriahan orang berduyun duyun ke rental komik, Game, warnet dan wartel.

Comments

comments

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *