Menu kuliner terbaik di Kota Purwokerto

 

Bakso, Wisata Kuliner

Kasamago.com – – Tak hanya mantab sebagai kota pendidikan, wajah Purwokerto pun berevolusi menjadi surga kuliner. Sebagai penghuni asli Kota Satria ini, saya dapat meyakinkan bahwa Purwokerto berhak menyandang kota “mbadog” teraktraktif se-Jawa Tengah.

Tak dapat dipungkiri santapan kuliner terbaik, ternikmat, terjangkau dan termashyur justru terdeseminasi oleh para kaki lima pinggir jalan. Sanes cafe, udu resto. Nah berikut hasil rekapitulasi tempat kuliner terbaik di Purwokerto yang sering saya kunjungi rutin karena enak, terjangkau dan memorable.

  1. Sop Kambing Saudara

Ada banyak Sop Kambing beredar tapi cuma satu ini yang bikin saya ketagihan akut. Kuah nya aduhai menampar lidah, super maknyoss. Daging kambingnya gurih, kokoh dan tak berbau. berkat sop kambing inilah yang membuka mata saya bahwa kambing itu enak, sebelum nya saya anti kambing karena identik dengan bau prengus. Lokasi ada di trotoar samping lapangan bancar kembar, Jl. HR Bunyamin Purwokerto.

  1. Bakso Pekih

Kalau hati sedang gundah, baru gajian, abis liburan, mau terkena flu maka datang menikmati Bakso Pekih adalah wajib. Bakso terenak versi lidah saya, meski jumlah warung bakso jutaan, hati tetap memilih pekih sebagai idola. Lokasi ada di jalan pekih, 30 meter ke utara dari alun alun Purwokerto.

  1. Soto Sokaraja dan Soto Jalan Bank

Udah ga perlu dijelasin gimana nikmatnya Soto Sokaraja dan Soto Jalan Bank (kini Jalan RA Wiriatmaja). Plus Soto Sawangan di Jln. Mayjen Sutoyo, 100 meter arah selatan dari Alun Alun Purwokerto.

  1. Mie Ayam Kalisari

Kalau ada yang tanya siapa penggemar Mie Ayam Die Hard sejati, maka spontan saya berdiri lantang sambil berteriak “saya!!” . Lebih dari 30 entitas penjual Mie Ayam sudah saya grayangi, hasil nya Mie Ayam dekat rumah ini justru terenak versi saya. Warungnya dibuka dari jam 9 pagi hingga 2 siang saja karena saking laris nya. Lokasi di jalan flamboyan, sekitar 300 meter ke utara dari markas Damkar.

  1. Kupat Tahu Sumampir

Saya punya sejarah emas terkait kuliner Kupat Tahu atau dikenal Tahu Croot. Ini makanan enak sejak saya kanak kanak, setelah mencoba hampir semua penjual kupat tahu, saya memilih Kupat Tahu Sumampir karena enak dan deket rumah. Lokasi di Jl. Riyanto.

  1. Japanese Food

Mau ngerasain makanan jepang versi lidah banyumasan di sini tempatnya. Pokoknya enak, nikmat, terjangkau. Lokasi ada di utara DenKesYah Purwokerto, Jl. HR Bunyamin.

  1. Warung Tenda Lamongan

Ini salah satu kaliner yang super menjamur karena mudah ditemukan di banyak sudut kota, rasa nya hampir merata satu sama lain, namun saya lebih cocok dengan Warung Lamongan di parkiran Pasar Manis Purwokerto.

  1. Nasi Goreng/Bakmi Goreng Ahmad Yani

Tak seperi lamongan meski tak kalah heboh menjamurnya, namun antara Warung tenda NasiGoreng satu dengan yang lain punya diparitas cita rasa yang sangat tinggi dan beragam. Setelah berselancar, saya memilih Nasi Goreng depan BP4 (Balai Pengobatan Paru) di jalan Ahmad Yani sebagai pemenang. Sejak buka jam 6 sore, lapak ini selalu ramai antrian pembeli.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *