Mirage 2000N, Kurir Khusus pengantar Nuklir

Kasamago.com – – Senjata Nuklir? Siapapun di dunia akan merasa horor bila berhadapan dengan senjata berhulu ledak Nuklir, salah satu media pemusnah masal yang sukses diciptakan peradaban manusia untuk merusak dirinya sendiri bila disalahgunakan.

Sebuah senjata Nuklir akan terasa hambar bila tidak dapat diluncurkan atau dikirim sebaik mungkin, kita telah mengenal media terfavorit masa kini untuk mengangkut nuklir tidak lain adalah Rudal Jarak menengah maupun balistik. Tetapi jauh sebelum penggunaan Rudal, Pesawat Tempur telah teruji secara sebagai pembawa Nuklir paling efektif. Perancis sebagai salah satu Negara Maju di Eropa turut menciptakan Pesawat Tempur Generasi ke 3 yang khusus mengirimkan senjata Berhulu Nuklir, Yakni Dassault Mirage 2000N.

Mengenal Mirage 2000N

Ada dua varian disini, Mirage 2000N (Nucleraire) dirancang khusus sebagai penyerang (Tactical Bomber) bersenjata Nuklir. Dikembangkan sebagai pengganti Mirage IVP, Jet Nuclear Striker sebelumnya memakai basis Mirage 2000B, Pesawat generasi 3 andalah Perancis dengan kursi ganda.

Modifikasi masif dari 2000B ke 2000N dilakukan disektor Airframe, Avionik dan kemampuan radarnya. Perubahan ini membuat Mirage 2000N memiliki kemampuan Low Level Flight dalam kecepatan tinggi sehingga mampu meluncurkan rudal pembawa nuklir ASMP berdaya jelajah 80 km dari atitude rendah.

Mirage 2000N terbang perdana pada 1986, lalu mulai full operasional dua tahun kemudian. Mirage 2000N memiliki dua varian lagi, yakni N-K1 sebagai penyerang Nuklir dan N-K2 sebagai penyerang biasa. Penundaan Project Rafale, sebagai program pengembangan Pesawat Tempur Perancis generasi ke 4 memberikan angin segar bagi masa depan Mirage 2000N.

Pengembangan Mirage 2000N

Angin segar bagi Mirage 2000N adalah hadir versi upgradenya, bernama Mirage 2000D ditahun 1990. Perbedaannya adalah pembaruan Countermeasure Suit dan System kendali cokcpit yang telah terinstal Hands On stick and throttle controls/HOTAS ( Hands On Throttle-And-Stick). Keunggulan utama Mirage 2000D adalah menyerang target secara presisi dengan dukungan laser (PDCLT laser designator/TV/thermal imaging pod) sehingga mampu menembakan misil berpemandu laser (Laser Guided) seperti AS 30L atau  BGL 100.

TNI AU, Rafale dan Mirage

Mirage2000
Pic by defense-studies.blogspot.com | Sebuah Penampakan Mirage 2000 TNI AU?

Sebuah pertanyaan menarik, Kenapa TNI AU dari tahun 80-an tidak tertarik mengoperasional armada Mirage 2000? Seperti F-16 Amerika Serikat, Mirage 2000 juga menjadi salah satu Jet tempur generasi tiga terlaris didunia. Banyak negera dari Eropa, Timur Tengah dan Asia memakai jasa Mirage2000 ini.

Ada Sebuah kisah menarik yang agak Aprokrif kebenarannya yakni ketika Operasi Alpha ,Operasi rahasia pembelian Pesawat tempur A4 Skyhawk dari Israel pada 1980 ada another mission selain Alpha, Misi tak bernama dan lebih rahasia lagi. Pembelian Mirage 2000 ! dan konon dimasa Reformasi, Mirage 2000 TNI AU telah ditransform menjadi Mirage 2000 N !! Benarkah ?? Kebohongan atau memang bisa terjadi karena apapun bisa terjadi tanpa perlu diberitakan.

Last, Saat ini tugas Mirage 2000 All Variants kemungkinan mulai ditake over adiknya yang lebih modern, Dassault Rafale ataupun tetangga nya Eurofighter Typhoon. Dan semoga saja, TNI AU melirik Rafale juga sebagai pengganti F-5 Tiger dan teman ronda F-16.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *