NgeBlog, cara elegan untuk tetap Berkarya

ngeblog
Ngeblog, pic by Orrick

Kasamago.com – – Blog pada awal nya adalah diary digital yang dimanfaatkan sebagai media dalam berbagi kisah dan pengalaman menarik pada khalayak digital (Netizen).

Seiring perkembangan nya, Blog tak hanya sebatas Diary tetapi berkembang pesat menjadi wahana aktualisasi ide dan pemikiran para Blogger.

Awalnya dilandasi semangat idealisme dan gagasan besar sang Blogger dengan berbagai tujuan, dari mengasah kemampuan menulis, menunjukkan eksistensi dan wujud kontribusi pemikiran dengan harapan dapat bermanfaat ataupun menginspirasi pembaca nya.

Manfaat Blog

Di masa awal kepopuleran Blog, mungkin hampir tak terpikirkan bahwa Blog dapat menjadi jembatan menuju kesuksesan finansial alias dapat menghasilkan pundi pundi rupiah (Monetisasi).

Beberapa contoh Blogger yang menuai kesuksesan finansial berkat Blog antara lain :
1. Raditya Dika, Tulisan dalam Blog nya akhirnya di bukukan dan sukses meraih Best Seller. Puluhan buku kemudian terus bergulir meroketkan popularitas sang Blogger sebagai Penulis, Komedian,Aktor dan Sutradara.

2. Trinity, Entah siapa nama aslinya, menjadi Travel Blogger pertama dan tersukses se Indonesia. Hobi traveling nya berhasil di padukan dengan kemampuan menulis nya dalam suatu Blog. Setelah nya sukses menerbitkan buku buku best seller tentang Traveling. Kini berprofesi sebagai Traveler Profesional, Blogger dan Penulis.

3. Iwan Banaran, Saya menjadi saksi hidup bagaimana seorang Blogger Iwan Banaran melesat menjadi Blogger papan atas Indonesia di bidang Otomotif, yang tentu secara finansial tidak perlu di pertanyakan lagi.

Saya sendiri terpincut pada dunia blog dan akhirnya memutus ngeblog sebagai suatu hobi baru salah satu nya terinspirasi dari Blog Iwan Banaran ini. Salah satu puncak karir beliau sebagai Blogger adalah menjadi Pembawa Acara sesi Kualifikasi MotoGp di salah satu TV Swasta.

Karir Blog

Di tilik dari contoh 3 blogger ternama tanah air di atas, sudah tentu Blogger menjelma menjadi profesi favorit, kini jutaan Blog berkompetisi merebut traffic pembaca digital nya.

Meski kepopulelaritas blog sedikit tersaingi oleh Instagram, Vlog bin Youtuber akan tetapi Blog tetap memiliki keunggulan dan ceruk pasar nya tersendiri. Apalagi kehadiran Google Adsense dan bisnis Afiliasi menjadi gerbang monetisasi utama para blogger guna menambah penghasilan nya.

Di awal merintis suatu Blog, umum nya Blogger akan memakai hosting blog gratisan paling ramai seperti Blogspot dan WordPress. Setelah cukup yakin, puas atau ingin terlihat serius, blog akan di upgrade menggunakan domain dan hosting berbayar.  Terkait detail teknis nya, bisa Ikuti Cara lengkap nya disini

Tips memulai Blog

Paket Web Hosting Hostinger
Contoh Paket Hosting

Ada banyak hal yang sangat layak dan wajib di perhatikan sekaligus di pelajari oleh siapa saja yang baru terpikat ingin mencoba sebagai Blogger atau sudah membuat blog namun masih gamang memulai nya, antara lain :

  1. Minat, Gak ada yang jalan tanpa minat, dan dalam perkembanganya minat harus dikombinasikan dengan niat yang kuat dan mantab. Pengalaman saya, minat dan niat timbul ketika sering menjadi pembaca blog secara rutin.
  2. Berikutnya membuat media Blog nya, baik yang Gratisan maupun Berbayar (ikuti cara lengkapnya disini) ,tinggal tentukan tema blog apa yang dipilih. Khusus tentang Kuliner, Otomotif (Niche Blog) atau Campuran (gado gado). Sedikit clue, Monetisasi akan lebih efektif jika memakai Niche Blog. (Baca juga : Pilih Blog Gado gado atau Niche?).
  3. Media Blog siap, tema Blog sudah ditentukan.. tinggal dijalani dengan menulis artikel menarik, original/berkarakter,dan bermanfaat bagi pembaca nya. Lakukan secara konsisten, dan jadikan menulis blog sebagai hobi baru. Menulis lah dengan tujuan berkarya, sharing informasi, dan mengasah kemampuan menulis.
  4. Terakhir, di awal memulai Blog, jangan landasi dulu dengan tujuan mendapatkan penghasilan dalam jangka pendek. Fokus dan konsisten menghasilkan tulisan yang menarik, meningkatkan pengunjung blog (traffic). Semakin tinggi traffic dan populer suatu blog, Niscaya Uang akan mengejar bukan di kejar. Berkacalah pada sepak terjang para Blogger papan atas diatas. Selamat berjuang, selamat berkarya, jangan lupa berdoa diberi kemudahan dan petunjuk dari Sang Maha Pencipta, Allah SWT.

Sekian, semoga tulisan yang mungkin lumayan banyak ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terus lah berkarya, karena manusia akan terus dikenang karena karya nya. Bagi Blogger yang tengah berjuang seperti saya, tetaplah menulis, hobi tak akan luntur oleh rasa males atau bosan.

 

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *