Nokia is Back !!

Kasamago.com – – Rasanya tak percaya, saya telah menganggap bahwa Nokia telah punah pasca dinyatakan tak kompeten di pasar Smartphone dan merelakan dirinya dilahap raksasa Amerika, Microsoft. Tamat sudah riwayat Nokia, tak disangka merk yang dahulu sangat berjaya luar biasa harus takluk dengan begitu cepatnya. Itulah gambaran benak saya saat mengetahui Nokia dikabarkan bubar jalan.

Namun, diawal 2016 ini tersiar kabar cerah bagi merk Nokia bagaikan kata-kata Terminator I’ll Back atau petikan kata Jenderal McArthur, “Saya datang dan saya akan kembali”, Nokia dikabarkan tengah merancang sebuah smartphone berbasis Android. Lho, Nokia tidak jadi bubar, bangkit dari kubur?? ternyata oh ternyata Nokia tidak seutuhnya lenyap. Setelah diakuisis Microsoft, Nokia terikat perjanjian yang tidak memperbolehkan Nokia membuat ponsel. Dan untungnya Perjanjian tersebut berakhir di tahun 2016 ini.

Produk baru, Harapan Baru

Produsen ponsel asal Finlandia ini sudah tak diragukan lagi kualitas nya, nama besar yang telah dibangun bertahun-tahun, plus deretan ponsel-ponsel berkualitas dunia adalah jaminan luar biasa. Meski terpuruk, tetapi diluar sana masih banyak Fans Setia Nokia yang mengharapkan Nokia menghadirkan produk yang mampu berkompetisi di tengah Pasar Smartphone yang dikuasi Apple, Samsung, Lenovo, Xiaomi, Sony, HTC, LG dan merk-merk lain yang sedang mengadu peruntungan seperti Huawei, Infinix, Asus, Wiko, dll. Sebagai bukti bahwa produk Nokia adalah jagoan, saya hingga kini masih memakai Ponsel murah Nokia 1208 dan N-Gage.

Kehadiran kembali Nokia memang cukup disambut antusias oleh para penggemarnya, tetapi kemungkinan Nokia akan mengalami banyak tantangan. Bukan hal mudah untuk terjun langsung menantang para jagoan iOs dan Android saat ini, saya masih belum mengetahui perjanjian apalagi yang dilakukan Microsoft pada bisnis ponsel Nokia. Apakah Microsoft benar-benar memberikan keleluasaan dan kebebasan bagi Nokia berbisnis kembali disektor ini ataukah memberikan batasan-batasan tertentu bagi Nokia? Kita tunggu saja.

Nokia C1

Comeback nya Nokia di bisnis ponsel telah ramai diberitakan sejak pertengahan Tahun 2015 lalu, tepatnya di Bulan Juli, CEO Nokia Rajeev Suri yang menyatakan sendiri bahwa Smartphone Nokia terbaru akan rilis ditahun 2016. Produk yang sudah diprediksi akan hadir adalah Nokia C1, Smartphone yang konon memiliki dua versi OS, Windows Mobile dan Android. Dari info yang ada Spesifikasi C1 antara lain : Layar 5 inch, Kamera 8 MP, Chipset Intel Atom, RAM 2 GB, Internal memory 32 GB.

So, Apakah Nokia mampu tampil kembali ke panggung pertempuran Smartphone dunia berbekal Nokia C1? agaknya tak mudah bagi Nokia, dalam daftar sepuluh Smartphone paling ditunggu di 2016 ini, Nama Nokia C1 tetap tak ada didaftar, Apple dan Samsung masih kuat mendominasi. Tetapi kita tunggu saja, bila harga yang disematkan C1 sangat menarik untuk dipinang bukan tidak mungkin, C1 akan menjadi kuda hitam di 2016, terutama bagi penggemar Nokia dan yang rindu akan OS Windows mobile.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *