Old Vixion mogok ,Kiprok jadi biang kerok nya

Kiprok Vixion
Kiprok Original Vixion jadul – Kasamago IG

Kasamago.com — Untuk pertama kali nya dalam 11 tahun usia sepeda motor utama saya, Yamaha FZ 150 alias Old Vixion mogok. Sejak memasuki usia ke 7, Old Vixion alias Auto Vajin mulai mengalami gangguan kelistrikan serius.

Gangguan dengan tersangka utama Aki terebut membuat saya mangkel ,kisah nya ada di sini >> Suka Duka Aki Vixion.
Bayangkan ,sudah ganti aki baru tetap saja masalah kelistrikan terjadi, sinyal engine check menyala terus menerus.

3 Tahun berlangsung Auto Vajin berada dalam kondisi Quo Vadis, kick starter menggantikan electric starter. Kecurigaan mengarah pada kondisi Spull (ACG) dan Kiprok (Receive Regulator).

Mogok Pertama kali

Di penghujung Bulan Juni 2020 lalu,Auto Vajin mendapatkan kesempatan service rutin, bersih2 dan ganti oli. Oleh mekanik langganan gangguan kelistrikan di telusuri lebih dalam. Hasil nya, Spull berada dalam kondisi baik, melalui tester, kiprok tak mau mengisi ke aki. So, target untuk di ganti adalah si Kiprok biangkerok ini.

Mekanik lalu menawarkan Kiprok ori copotan milik teman nya, saya lalu di berikan aki 2nd sementara hingga kiprok tersedia.2 hari kemudian, kiprok copotan di pasang, tes kelistrikan semua nya normal. Lega, namun waspada, hati belum tenang jika 7 hari lebih belum terlewati. Maklum 1 minggu adalah fase pembuktian,apakah listrik drop lagi atau tidak.

2 hari kemudian, senin pagi setelah mengurus koreksi alamat BPKB di Polres mendadak motor dangdutan, mrebet membahayakan saya di jalan raya.

Reflek membawa saya mencari SPBU, mencoba trouble shooting dengan mengisi BBM lagi.BBM penuh, brebet belum hilang.. malah makin parah. Suara hati berkata carilah bengkel, ini masalah serius !! 200 meter dari SPBU ada dealer Yamaha. Jadilah AutoVajin di periksa mekanik dealer.

Hasil nya, Fuelpump tak bekerja normal karena kekurangan supply listrik dari aki ,aki 2nd pinjaman sudah tak berguna. Tak ada cara lain.. beli aki Yuasa baru dari dealer, jika tidak AutoVajin saya dorong sampe rumah.

Kiprok biang Kerok

Setelah ganti aki Baru, AutoVajin terasa muda kembali.. ces pleng jreng jreng.. di coba keliling 3 km, semua normal. Mekanik dealer bertanya untuk memastikan, Kiprok nya sudah ganti? Kalau sudah berarti aman. Waduh.. dalam hati, itu kiprok 2nd, belum lulus melewati fase pembuktian 7 hari.

2 hari kemudian alias di hari Rabu, saya berniat mengembalikan Kiprok copotan karena hati belum yakin jika tidak beli baru. Maklum device kelistrikan memiliki usia pakai, ada saat nya ganti baru. Sepulang dari bengkel, motor mbrebet ekstrem di tengah perjalanan membeli kiprok baru. Mogok.. untung nya bengkel besar ada dalam radius 100 meter.

Cek ke bengkel tanya kiprok Old vixion ori, tidak ada. Adanya KW.. harganya 100 ribu, jauh banget dari ori nya. Saya kekeh mau nya ori. Oleh mekanik bengkel tersebut, AutoVajin coba di tangani. Hanya mengandalkan kabel jumper, AutoVajin kembali normal.

Esok pagi nya, engine check menyala kembali. Waduh, mrebet muncul lagi. Bahkan sama ekstrem nya. Pakai motor lain ,lalu meluncur membeli Kiprok Old Vixion baru seharga 225K. Bawa ke bengkel depan rumah, aki baru di charge lagi karena terancam tekor, kabel jumper di buang ,kiprok lama di ganti baru. Dan Jrengg.. normal jaya.

Setelah pakai Kiprok baru, AutoVajin berhasil melewati fase pembuktian 7 Hari. Alhamdulillah.. seharusnya dari 3 tahun lalu saya ganti Kiprok baru dulu dari pada ganti Aki. Kiprok sangat vital fungsi nya sebagai pengubah arus Bolak Balik (AC) dari Spull ke AKI (DC) untuk kemudian di teruskan pada komponen kelistrikan di seluruh kendaraan.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *