One Punch Man, Kisah Superhero anti Mainstrem yang tengah Booming

Kasamago.com – – Semenjak tidak lagi menekuni atau mengikuti dunia per Anime an dan Per Manga an maka praktis Saya buta di segala informasi menarik atau yang tengah trend di kedua dunia tersebut. Nah salah satu informasi terheboh di tahun 2015 ini adalah boomingnya komik berjudul ONE PUNCH MAN di seluruh dunia.

Tak hanya komiknya yang bikin heboh, menyusur di dunia Youtube sountrak One Punch Man berjudul The Hero yang di bawakan JAM Project pun membuat gempar jagat video ini, berbagai bentuk kreasi fans One Punch Man dalam menyanyikan The Hero bertebaran di Youtube.

Lalu, kenapa One Pucnh Man sangat begitu digandrungi dan berpotensi menjadi Anime/Manga of The Year ? Hah, Komik tentang apaan tuh? Penasaran, lantas Saya Googling dan menemukan fakta menarik, unik, sangat anti mainstream dan bikin bibir saya tersenyum lebar…

The Manga

Awalnya One Punch Man adalah Proyek Manga Iseng karya seorang Mangaka yang memakai nama pena ONE. Masuk dalam genre Humor, judul One Punch Man dipilih karena lafalnya mirip dengan manga AnpanMan, manga lawas yang juga sempat menjadi primadona. Rilis perdana secara Independen pada 3 Juni 2009, One Punch Man langsung menyedot 55 Juta pembaca dimana sekitar 60.000 orang membaca perharinya.

Karena Populer, ONE bekerja sama dengan Mangaka Profesional Yusuke Murata ( Mangaka Eyeshield 21) untuk meremake ulang serial kocak ini. Kenapa di remake padahal seri One Punch Man telah menyentuh chapter ke 88? Goresan gambar asli ONE masih terlihat kasar dan acak adut tidak seperti standar kualitas manga pada umumnya. Yousuke Murata yang tertarik pada serial ini lalu menghubungi ONE via Twitter guna menjalin kolaborasi, Kesepakatan ini terjalin dan membuahkan hasil dimana publikasinya diserahkan pada Young Jump Web Comic pada 2012. Edisi Bahasa Ingrisnya, Viz Media dipilih sebagai pemegang lisensi Manga One Punch Man versi Remake nya.

Siapa One Punch Man ?

Inilah poin keunikan dan ke anti mainstream an komik ini, One Punch Man berkisah tentang seorang Superhero bernama asli Saitama yang memiliki kekuatan dalam bentuk pukulan dashyat. Saking Dashyatnya, Saitama hanya perlu menghabisi seluruh lawannya (monster) hanya dalam sekali pukul. Karena inilah Saitama mendapat nama One Punch Man. Sayangnya, karena kekuatan pukulan maut nya yang “Tiada Lawan” ini, Saitama justru tidak populer dikalangan superhero lainnya dan malah berada di ranking paling bawah dalam Asosiasi Superhero.

ONE
ONE

Kerjasama ONE dan Yusuke Murata telah berjalan 2 tahun dan menghasilkan 64 Chapter. Di Bulan Maret 2015, One Punch Man mendapat kehormatan untuk diadaptasi ke Layar Anime, Studio Madhouse (Death Note, Hunter x Hunter) yang dipercaya untuk membuat animasi nya. Seri Anime One Punch Man sendiri telah ditayangkan sejak Oktober 2015 lalu dan sama seperti Manga nya langsung mendapat sambutan yang meriah.

Hal yang membuat One Punch Man sangat keren dan berbeda datang dari karakter Utamanya, Saitama. Tak seperti Superhero kebanyakan yang selalu digambarkan memiliki paras sempurna, rambut kece, dan kostum mahal, One Punch Man malah kebalikannya. Berkepala Plontos, Berekspresi Polos dan culun, Kostum yang norak, dan pekerjaan aslinya adalah Pengangguran.

Tinju Mautnya yang sangat super tiada tara itu oleh para Fans lantas di komparasikan dengan kekuatan superhero lain seperti Son Goku, Hulk, Superman dan lainnya bahkan di Youtube sampe ada yang menganalisa seberapa tangguh Tinju One Punch Man. Hasilnya, kekuatannya konon bisa disetarakan ledakan Nuklir, Kekuatan Dewa, dan sebagainya sehingga bisa jadi One Punch Man adalah Superhero terkuat di Jagat Manga/Anime !!

Last, One Punch Man adalah serial yang sangat wajib anda baca dan tonton !! Truelly Keren apalagi Opening Song nya yang berjudul The Hero itu, saking kerennya sampe Saya putar puluhan kali. Monster-monster yang menjadi musuh Saitama pun kocak-kocak dan absurd, setiap duel saitama selalu nunggu lawannya beraksi mengeluarkan seluruh kemampuannya setelah itu, cukup satu pukulan, lawannya seketika roboh ! dan Saya sangat kagum dengan alasan ONE menciptakan Superhero Gundul : “Dia Percaya Bila Keren Nya Superhero itu datang dari semangatnya, bukan dari penampilannya”

Comments

comments

4 Comments
    • kasamago
    • kasamago

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *