Panduan memilih formasi CPNS yang potensial

CPNS
Tes CPNS

Kasamago.com — hampir setiap tahun semenjak moratorium pengadaan CPNS di hentikan, pemerintah melalui Kementerian MenPan RB dan BKN rutin membuka pendaftaran CPNS di akhir tahun.

Belum lama ini CPNS kembali di buka di tahun 2019 sejak 11 hingga 25 November 2019. Berduyun duyun masyarakat memanfaatkan kesempatan ini untuk mencoba peruntungan dan perjuangan menjadi Abdi Negara.

About PNS

Sejak krisis 98, dan penyesuaian gaji besar besar terhadap PNS, seketika profesi PNS menjadi Idola masyarakat dan calon mertua karena PNS terbukti bebas dari krisis, anti pecat dan di saat tertentu menjadi instrumen negara dalam pemulihan ekonomi.

Setiap ada pembukaan CPNS ,masyarakat yang mendaftar dapat menembus angka 1 juta lebih untuk merebut kan ,hanya ratusan ribu formasi. Seleksi PNS semakin ketat dan selektif , dari manual dan kini berbasis komputer (CAT) yang melalui 3 tahapan seleksi.

Salah satu fenomena Pendaftaran CPNS paling heboh sepanjang sejarah adalah seleksi CPNS tahun 2018 lalu, dimana tes pertama kompetensi dasar itu mudah dilalui peserta ujian, kini bagaikan neraka. Saudara saya yang terkenal super pinter pun gagal lulus, banyak yang gagal di tahap ini bukan karena peserta ujian bodoh, tapi soal ujian yang dianggap unik, dan misterius.

Berdasarkan kajian singkat Kasamago Institute, peminat CPNS datang dari beragam kalangan.. namun hasil pengamatan ,orang yang benar benar pintar, berprestasi, lulusan universitas ternama umum nya kurang tertarik menjadi PNS. Mereka lebih suka berbisnis ,menjadi karyawan perusahaan BUMN bonafid atau perusahaan internasional. Padahal bagi mereka, ujian masuk CPNS mungkin sangat mudah sekali.

Panduan memilih Formasi CPNS

Kembali soal pendaftaran, umum nya ketika registrasi di buka peserta akan memilih formasi dari sekian ribu formasi yang disediakan. Berbeda dengan dahulu dimana satu orang bisa mendaftar banyak formasi dari instansi yang berbeda beda, kini hanya boleh satu saja.

Untuk itu peserta harus benar benar mantap dalam memilih, agar tidak salah memilih berikut panduan singkat dalam menentukan formasi cpns yang potensial :

  1.  Pilihlah CPNS di tingkat Kabupaten,kota, atau provinsi. Tingkat persaingan lebih sedikit dibanding pusat yang lebih kompleks pesaing nya.
  2. Perhatikan soal Seleksi Kompetensi Bidang ,jika belum ahli, berpengalaman ,dan tidak yakin dengan kemampuan kita soal formasi yang dipilih lebih baik pilih formasi jabatan yang tidak ada tes SKB nya.
  3. Lihat jumlah Kuota formasi dan pelamar dalam suatu formasi, pilih yang perbandingan kuota dan pelamar nya masih sedikit.
  4. Untuk mengetahui dengan pasti berapa total pelamar yang mendaftar di formasi pilihan kita, sebaiknya menunggu sampai jam jam terkahir pendaftaran.
  5. Sering melakukan latihan / simulasi ujian dengan bantuan Aplikasi : SOAL CPNS CAT 2019, BANK SOAL 2019 TES CPNS, CPNS (SSCN CPNS BKN), LULUS TES CPNS 2019, SOAL CPNS 2019 OFFLINE.

Demikian informasi dan panduan singkat bagi para pejuang CPNS, semoga diberi kemudahan dan kekuatan untuk melewati setiap ujian. Salam Abdi Negara.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *