Pengalaman Aki Tekor, Perhatikan Ampere klakson nya.

AutoVajin

Kasamago.com – – Sudah ketiga kali nya saya mengganti aki kuda besi ,setelah aki bawaan pabrikan bertahan 5 tahun, saya mengganti nya dengan aki merk GS dua kali. Dan dua kali aki GS ini hanya bertahan dalam hitungan bulan.. tekor alias layu di tengah jalan.

Tekor nya kedua aki GS ini saya duga kuat akibat instalasi klakson hella, meski sudah menggunakan relay tetap saja mengganggu fungsi utama aki. Setelah penggantian ke aki GS kedua saya bawa ke bengkel supaya instalasi klakson hella di perbaiki, penggunaan relay saya yakini sangat ampuh menjaga aki tetap prima. Dan.. aki GS kedua ternyata lebih para hasil nya, hanya bertahan kurang dari sebulan.. di charge ulang si Aki tetap diam tak mau mengisi. Kecewa lalu saya biarkan hampir 1 tahun kondisi aki tetap rusak karena masih percaya Klakson sudah benar pemasangan nya.

Seiring berjalan nya waktu, lelah saya memakai starter kaki terus menerus. Setelah di pelajari lebih lanjut saya kian yakin bahwa Klakson lah sumber petaka itu.. relay bukan jaminan akan kondisi aki tetapi lebih pada jaminan bahwa Klakson akan berfungsi optimal. Well, saya terjebak dalam jebakan ala dunia datar.

Ternyata klakson hella saya menyedot energi 72 watt setiap tarikan klakson nya. Jika di ampere kan dalam nilai tegangan 12 volt maka si klakson membutuhkan daya 6 ampere, sedang si Aki hanya 3.5 ampere, pantas ini underpower banget.
Saya main pasang aksesoris tanpa memperhatikan detail teknis nya !

So untuk aki 3.5 ampere jelas direkomendasikan menggunakan klakson berdaya 1.5 ampere, mentok nya 3 ampere. Jika tetap memaksakan memakai klakson hella yang 6 ampere maka aki harus di ganti ke aki 7 ampere yang jelas harga nya mahal dan perlu memodifikasi dudukan aki.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *