Pengalaman pertama menikmati eTilang

Kasamago.com – – Dalam tradisi keluarga, membayar Pajak Kendaraan, Memiliki SIM dan paham lalu lintas adalah bentuk kewajiban mutlak. Itulah mengapa Saya dan keluarga selalu mematuhi ketiga hal tadi sebaik mungkin.

So, jika ada yang kena Tindakan Langsung (Tilang) karena gagal mematuhi peraturan berkendara, maka itu bagai mendapat Aib yang sangat Dashyat. Engga keren rasanya.

eTilang

Kalau apes kena Tilang, maka sebisa mungkin masalah ini diselesaikan dengan kilat. Pada 2016 silam, saya sudah mengalami terkena Tilang untuk pertama kalinya, hebatnya saya pilih Slip Merah alias harus ikut Persidangan atau berkunjung ke Kejaksaan.

Di bulan April 2018, giliran salah satu anggota keluarga sekaligus mantan pacar saya terkena Tilang, karena gagal menyalakan lampu kota (DRL). Bersyukur, kali ini sitem Tilang sudah semi digital alias elektronik, istilahnya eTilang.

Kali ini Slip biru yang didapat, sesuai instruksi penerima tilang harus membayar denda melalui Bank yang ditunjuk yakni BRI alias BRIVA (BRI Virtual Accout), dimana nomor rekening BRIVA dikirim secara otomatis oleh sistem eTilang ke ponsel penerima eTilang, Denda harus dibayarkan H-4 sebelum Persidangan.

Gagal Transfer

Keunggulan eTilang adalah sudah mengadopsi manajemen sistem informasi, dimana informasi tentang tilang dapat di manfaatkan oleh para stakeholder yakni Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan dan Bank yang ditunjuk.

Sayangnya, bagi yang tidak memiliki rekening BRI jelas menemui sedikit tantangan. Saya sendiri tiga kali gagal transfer denda via Bank lain, nomor rekening BRIVA dianggap HoaX. Dengan bantuan Bing ,saya tahu, tidak semua BANK selain BRI mengetahui rekening pembayaran eTilang (BRIVA) ini.

Saya bergegas ke Kantor BRI unit terdekat, alias memakai pembayaran manual via teller. Setelah mendapat slip bukti pembayaran, langsung merapat ke kantor UR Tilang Satlantas. Bukti pembayaran dan Slip Tilang biru lalu ditukarkan dengan STNK /SIM yang disita.

Dalam eTilang, Proses pembayaran menurut saya adalah hal vital yang harus segera di benahi. Metode pembayaran masih terkesan semi manual, terutama bagi yang tidak memiliki akun BRI. Semoga kedepannya, pembayaran sudah full elektronik yang melayani seluruh metode pembayaran masa kini.

Catatan :

UR Tilang ,beroperasi setiap Senin – Jumat pukul 08.00 – 15.00, dihari Sabtu pukul 08.00 – 15.30, Jam Istirahat 12.00 – 13.00 WIB

Slip Merah di bayarkan di Kejaksaan.

Slip Biru di bayarkan via BRIVA.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *