Penting nya Kapal Destroyer 8000 ton lebih bagi TNI AL

Destroyer
Atago Class – Seaforces

Kasamago.com — Sedikit melanjutkan bahasan tentang alutsista  TNI (link), kali ini akan mengulas tentang Kapal Destroyer bertonase tinggi yang diharapkan akan di pinang TNI AL sebagai Flagship Armada Laut Tentara Nasional Indonesia, memimpin Kapal Sigma 15014 KRI RE Martadinatta Class (3316 ton), Kapal Destroyer 6645 Ton Iver Huitlfeldt yang santer diberitakan segera masuk dalam jajaran Alutsista TNI AL atau Kapal Omega Class 6000 ton yang konon pula di tawarkan Damen Shipyard pada Indonesia.

Gejolak Pasifik

Seperti yang sudah diketahui dunia, semenjak China bangkit menjadi Naga Merah raksasa, Laut China Selatan dan Pasifik seolah mendapat gejolak baru. Kedua area ini, digadang akan menjadi heart of power, medan perang perebutan kekuasaan para Adidaya baru.

Itulah mengapa, Matra Laut dan Udara menjadi Matra super strategis nan terdepan yang wajib mengalami modernisasi berkelanjutan.

Meski dunia memasuki era Borderless (tanpa batas) disisi lain Boundaries (Batas Negara) kian semarak di jaga setiap negara dengan sebaik baik nya.

Republik Indonesia sebagai negara Kepulauan terbesar tentu tak boleh lengah, always and absolutely waspada. Indonesia dengan segudang kemolekan nya akan selalu menjadi target untuk di kuasai. Meningkatnya eskalasi latihan militer para adidaya di kedua lautan harus menjadi trigger bagi TNI, khususnya Angkatan Laut untuk memaksimalkan kekuatan nya.

Salah satu jawaban klasik nya adalah minimal memiliki Kapal Destroyer berjelajah tinggi ( harapan nya Punya Kapal Induk namun melihat kembali kemampuan ekonomi negara kita saat ini).

Destroyer
Omega Class dan Sigma – NavyRecognition

Kapal Destroyer

Destroyer adalah Jenis Kapal Perusak Modern bertonase sekitar  6000-12,000 ton ,Dilengkapi Misil Jarak Jauh, Senjata, Radar Berkekuatan Tinggi, dan dirancang untuk ber operasi mandiri ataupun bersama Battle Grup guna menjalankan Tugas seperti Serangan Darat, Pertahanan Misil ataupun Pertempuran Laut. 

Destroyer  8000 ton

Tanpa bermaksud meremehkan atau apapun terhadap kelas 6000 – 7999 ton, Indonesia dengan luas lautan yang begitu dashyat, berada di jalur pelayaran strategis dunia dan mewarisi sejarah agung sebagai bangsa Bahari, sudah sewajarnya TNI AL mengoperasikan Kapal Destroyer kelas 8000 Ton ke atas. Menyesuaikan dengan kondisi Ekonomi, memiliki 1 unit saja sudah sangat bersyukur.

Ada beberapa produk Kapal Destroyer 8000 Ton di pasaran dunia yang layak dipertimbangkan TNI Al, diantara nya :

1. Type 45 Daring Class Britain. 8000 ton
2. KDDX class, Korea Selatan, 8000 ton
3. Atago Class, Japan, 10.000 ton
4. King Sejong the Great Class, Korea Selatan, 11.000 ton
5. Arleigh Burke Class, USA. 9.800 ton

Dari kelima daftar diatas, mungkin masih ada produk lagi, entah dalam pengembangan atau masih trial. Semakin besar tonase yang dipilih tentu membawa konsekuensi yang besar pula, baik dari persenjataan, Radar, daya jelajah, dan deterens effect nya.

Semoga kelas 8000 ton ke atas segera mendapat perhatian serius TNI AL dan para StakeHolder, Indonesia sebagai Negara Maritim Terbesar akan mampu menunjukan taring nya !!

Jales Veva Jaya Mahe

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *