Perbedaan Corp, Industries dan Enterprise

Kasamago.com – – Jika kalian adalah penggemar film Superhero khususnya buatan negeri Hollywood yakni Marvel dan DC Comics, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Universe (dunia latar) masing-masing karakter nya. Diantara yang paling ter populer adalah Batman, Superman, Spiderman, Ironman dan Captain America. Nah disetiap setting superhero tersebut ,terdapat sebuah atau dua buah Perusahaan raksasa baik yang dimiliki Sang Superhero maupun Sang Villain sebagi bagian dari alur cerita utama nya.

Perusahaan tersebut antara lain : Wayne Enterprise (Batman), Lex Corp (Superman), OsCorp (Spiderman) , Queen Industries (Green Arrow) dan Stark Industries (Ironman). Perusahaan tersebut sulit terlepas dari pembangunan jalan cerita sang Superhero, bagian penting disetiap kisahnya. Saking melekatnya, Image Perusahaan tersebut seolah sudah menjadi sebuah “Karakter”, Part of Hero/Villain yang turut mendampingi sang jagoan maupun lawannya. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, Perbedaan di antara “nama belakang” Setiap Perusahaan. Bagi kalangan Bisnis, hal ini tentu sudah menjadi pengetahuan yang amat sangat mendasar. Apa sih perbedaan Corp, Industries dan Enterprise ?? serasa pertanyaan saya ketika duduk di bangku Sekolah. Tak ada salahnya bernostalgia untuk membedah lagi definisi dari tiga perbedaan diatas.

CORP

Kependekan dari Corporation adalah Perusahaan (Holding/Induk) berbadan Hukum yang memiliki banyak perusahaan dibawahnya (anggota) dimana Hak dan Kewajibannya berbeda dengan Anggota Perusahannya. Perbedaannya bisa berupa bentuk usaha atau Jenis usahanya (Core Business).

Enterprise

Memiliki terjemahan sama yakni Perusahaan, adalah Perusahaan Multinasional yang memiliki banyak cabang usaha yang terpadu dalam sebuah jaringan terstruktur (Sytem Informasi).

Industries

Adalah Perusahaan yang memiliki Usaha utama pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Industri terdiri dari Industri Barang dan Industri Jasa.

Namanya sangat berbeda tetapi jelas memiliki banyak kemiripan, Antara Corp dan Enterprise juga memiliki beragaram core business, hanya “sentuhannya” saja yang berbeda. Dari ketiga Perusahaan Superhero diatas, Wayne Enterprise lah yang kedapatannya memiliki banyak anak perusahaan antara lain : Wayne Technologies, Biotech, Foods, Shipping, Steel, Aerospace, Chemicals, Industries, Foundation, Entertainment, dll.  LexCorp pun sama memiliki beragam Core Business, yakni Maskapai LexAir, Perbankan, Laboratories, Food, dll.  Sedangkan Stark Industries lebih spesifik di ranah pengembangan senjata dan teknologi, karena dalam sejarah awal berdirinya, Stark menjadi donatur penting bagi tentara Sekutu saat Perang Dunia ke 2 berlangsung.

Sekali lagi Ketiganya ber Inti sama yakni perusahaan Bisnis di sektor Barang/Jasa, bagaimana pengelolaannya, jenis usaha nya, dsb. Mana yang paling kuat/kaya dari ketiga jenis? Entahlah banyak faktor yang menentukan. Dari suatu sumber, Stark Industries justru lebih kaya dari Wayne Enterprise padahal Perusahaanya Batman ini lebih banyak Divisi Usahanya.

Last, Mohon koreksi dan tambahannya apalagi masih terdapat kekeliruan dalam definisi ketiga hal diatas.

Comments

comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *