Perseteruan Iran vs Arab Saudi? Iran Jawara nya !!

Kasamago.com – – Dalam hari hari di awal Tahun 2016 ini, dunia Internasional kembali diramaikan dengan konflik tambahan seoalah tiada habisnya, ISIS, dkk masih bercokol ganas kini negara-negara besar di kawasan Timur Tengah tak luput ikut berseteru Head to Head. Paska di bunuhnya Ulama Syiah Sheikh Nimr al-Nimr  oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, hubungan Iran dengan Arab saudi yang sudah lama tegang dan renggang, bak api yang disiram bensin membuat ketegangan hubungan Iran dan Arab saudi berada dalam titik didih nya. Hubungan Diplomatik di putus oleh kedua negara.

Musuh bebuyutan adalah sebutan tepat bagi perselisihan Arab Saudi dan Iran, ada banyak faktor pemicu permusuhan ini antara lain perbedaan aliran Agama, Iran mewakili Syiah, Arab Saudi mewakili Wahabi. Namun sejatinya, hubungan panas kedua negara Islam telah berkobar sejak Kerajaan Iran digulingkan dan diganti dengan Republik Islam Iran. Sejak itu, Arab saudi berusaha keras menghancurkan Iran karena kian hari, dalam tekanan dunia Barat Iran justru Bangkit !!. Pengaruh Iran mulai diperhitungkan ketika Irak yang gagal dikuasai barat jatuh dalam pelukan Iran, Kemenangan Hizbullah atas invasi Israel di Libanon juga tak terlepas dari kiprah Iran di kawasan Timur Tengah.

Prestasi Iran

Kebencian Arab Saudi atas Iran makin bertambah akibat prestasi-prestasi yang berhasil direngkuh Iran baik dalam bidang Sains, Teknologi, Energi maupun lainnya. Kemenangan Iran atas Perundingan Nuklir Iran adalah tamparan keras bagi percaturan politik luar negeri Arab Saudi.  Prestasi Iran tak berhenti di Nuklir saja, dengan dibukanya embargo ekonomi oleh Barat, berbondong-bondong negara menyodorkan kerjasamanya terhadap Iran, antara lain Russia, China, Korea, Jerman, Perancis, India dan yang terbaru kunjungan Menlu Denmark Kristian Jensen ke Teheran, Iran guna menjalin kerjasama yang lebih erat di bidang ekonomi, energi dan budaya.

Kenapa Iran begitu ditaksir banyak negara maju dari Eropa?? Tidak lain adalah Iran memiliki Kandungan Energi yang luar biasa di Kawasan Timur Tengah, Luas dan Jumlah penduduknya adalah Pasar yang menggiurkan. Praktis sejak Republik Islam berdiri, jarang atau malah tidak ada sama sekali Perusahaan Barat yang menambang untung di Iran. Segala industri Iran dikelola secara mandiri oleh perusahaan Iran sendiri dan itu terbukti berhasil, Iran mampu bertahan dari tekanan embargo segala bidang oleh barat bahkan muncul sebagai salah satu negara paling diperhitungkan dunia.

Kegagalan Arab Saudi

Kembali Ke perseteruan Arab Saudi vs Iran, Lalu apa saja prestasi yang berhasil diraih Arah Saudi?? Hampir Tidak ada sama sekali justru melahirkan noda yang akan dikenang sejarah, yakni Buruknya Pengelolaan Ibadah Haji (Insiden Crane dan Mina), Kebebasan Rakyatnya (Demokrasi), Invasi ke Bahrain dan Yaman, hingga tudingan tajam bahwa Arab Saudi adalah salah satu pendukung kaum Terorisme dan militan termasuk ISIS. Selain Arab Saudi, Iran juga memiliki musuh bebuyutan yang bahkan jauh lebih dashyat meski hanya sebuah negara kecil, Israel !.

Bagi Israel, Republik Islam Iran adalah monster yang wajib dibasmi, bahkan Israel sempat akan melakukan serangan militer ala Irak dan Afghanistan. Tetapi Amerika Serikat mencegahnya, kekuatan militer Iran tidak dapat diremehkan. Industri persenjataan mandiri, Rudal Balistik, Keunggulan di bidang Cyber warfare, dan memiliki Pasukan yang siap tempur habis habisan menjadi alasan agar Israel tak sembarangan mendeklarasikan perang.

Upaya untuk menguasai Suriah dengan menggulingkan Presiden Bashar Al Assad yang pro Iran memiliki tujuan menjadikan Suriah sebagai batu loncatan menyerang Iran. Seperti diketahui, seluruh negara dikawasan Timur Tengah berada dalam pengaruh Barat kecuali Suriah dan Iran. Itulah mengapa, Iran membantu Suriah mati matian agar tak jatuh dalam genggaman barat karena Iran tahu Merekalah sasaran berikutnya.

Last, pembunuhan terhadap ulama Syiah oleh rezim Al Saud bisa jadi adalah media pelampiasan Arab Saudi atas Kegagalan mereka di Suriah, Yaman dan perjanjian Nuklir Iran. Dalam keadaan terdesak, apapun yang diluar target dapat menjadi sasaran, publik dunia pasti mengetahui di akhir perseteruan ini siapa yang kelak memegang sabuk juaranya. Bukan bermaksud sebagai suporter ataupun pendukung salah satu negara, Iran yang jelas dan faktual memiliki segudang Prestasi yang berhasil mencengangkan dunia lebih diunggulkan ketimbang Arab Saudi, So mari kita tunggu dan lihat, apa langkah yang diambil Arab saudi untuk mengimbangi keunggulan Iran.

Pic by iranreview.org

Comments

comments

23 Comments
    • kasamago
        • kasamago
    • kasamago
    • kasamago
    • kasamago
    • kasamago
    • kasamago
    • kasamago

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *