Pilih mana, Blog Gado-gado atau Niche Blog ?

Kasamago.com – – Sebelumnya, Selamat Tahun Baru 2016, semoga Tahun ini lebih berkah, lebih baik dari Tahun sebelumnya, Amiin. Mengawali Tahun baru 2016 dengan cuaca yang cukup hot saat ini, Hati saya dilanda kegundahan ,mengapa?? Setelah bertahun-tahun ngeBlog dari 2011 lalu, niatan untuk mengubah Blog ini menjadi Niche Blog sangat sulit terwujud.

Kenapa harus Niche Blog dan bukan Blog Gado-gado, seberapa hebatkan sebuah Niche Blog itu? apakah sungguh lebih tangguh dari blog gado-gado? Sebelum memulai menjawab pertanyaan dari hati saya ini, ada baiknya mengetahui definisi dari kedua istilah tersebut.

Blog Gado-gado dalam pengertian bebasnya adalah Sebuah blog yang berisi bermacam-macam Topik Bahasan, atau lebih dari satu topik, ada Teknologi, Kesehatan, Berita, Kuliner dan lainnya. Blog gado-gado diibaratkan sebagai warung makan yang menyediakan banyak menu pilihan.

Niche Blog adalah Blog yang membahas satu topik saja atau topik khusus tertentu, semisal Blog yang hanya mengupas Dunia Pariwisata atau Otomotif saja. Niche Blog diibaratkan seperti warung bakso yang hanya menjual bakso saja.

Kedua jenis Blog tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi berdasarkan ilmu Search Engine Optimization (SEO) ,banyak pihak di dunia maya yang lebih menyarankan memiliki jenis Niche Blog karena keuntungannya lebih besar dari Blog Gado-gado terutama dari segi Monetisasi (menghasilkan uang dari Blog). Sebagai Blogger pemula pun, saya sejak awal ngeBlog hingga sekarang masih menyandang status Blogger Gado-gado karena dahulu begitu Idealis sebagai blogger. Namun tatkala booming Adsense dan monetisasi Blog melanda dunia, rasanya saya harus ikut terjun dan berkancah dalam medan pertempuran monetisasi Blog.

Keunggulan Blog Gado-gado adalah banyak Tema sehingga pengunjung dapat leluasa memilih topik yang disukai, tapi.. tapi, sangat sulit membuat Blog Campur aduk menjadi super terkenal, terutama bila hanya dikelola oleh satu orang saja. Berat.. Banget pokoknya. Sesuai analogi warung makan, Blog Gado-gado memang enak, banyak menu, tapi sulit membuat warung makannya terkenal. Pihak pengiklan pun bingung apakah produknya cocok dengan menu makan di warung tersebut. Warung Makan dapat benar-benar terkenal bila memang menu makananya enak dan bikin pengunjung ketagihan. Hal ini perlu kerja keras luar biasa dari pemilik warung dan membutuhkan perjuangan yang tidak singkat.

Berikutnya Keunggulan Niche Blog, Hanya satu menu makanan, Bakso. Tapi.. Warung Bakso nya mudah diingat orang dan terkenal, Bakso apa yang enak ya..? Oh, Bakso ini, di sini.. bla bla bla. Meski mudah membuat bosan, tapi kalau baksonya enak dan bikin nagih dijamin selalu ramai dan pihak pengiklan mudah menentukan produk yang tepat bagi warung bakso. Karena menunya hanya satu, pengelolaannya dapat dikelola hanya satu orang saja.

Itulah sekelabat kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis Blog, untuk monetisasi menurut para Pakar SEO, jelas Niche Blog lebih diunggulkan karena kelebihannya diatas. Tetapi kesuksesan sebuah blog tak ditentukan dari Jenis Blog nya tapi konten dan bagaimana cara pemasarannya. Blog Gado-gado dapat pula sukses bila pemiliknya sanggup membuatnya sukses walau membutuhkan Perjuangan yang lebih Dashyat ketimbang Niche Blog.

So, Anda memilih yang mana? Kalau saya sudah terlanjut Blog Gado-Gado, mau buka warung Mie Ayam tapi Passion lebih suka Bakso..

Comments

comments

18 Comments
    • kasamago
    • kasamago
    • kasamago

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *